Malang Post - Usai Wisata Petik Jambu Kristal, Lanjut Belajar Pertanian

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Usai Wisata Petik Jambu Kristal, Lanjut Belajar Pertanian

Sabtu, 07 Des 2019

AGROWISATA di wilayah Kecamatan Bumiaji tak pernah habis dieksplore. Salah satunya di Dusun Banaran, Desa Bumiaji. Di tempat ini terdapat wisata petik jambu kristal lengkap dengan edukasi.
Di tempat wisata ini, tak hanya menikmati serunya memetik jambu kristal. Tapi juga merasakan nikmatnya jambu berdaging tebal dan lembut itu. Selain petik jambu kristal, wisatawan juga bisa belajar bertani.
Rahmad Hardiyanto atau akrab yang Hardi adalah owner dari wisata petik jambu kristal.
Hardi merupakan petani muda yang dikenal sebagai pegiat wisata di Bumiaji. Petani dan pelaku wisata adalah bagian dari gaya hidup sarjana teknik alumnus Universitas Brawijaya (UB)  angkatan 2003 itu.
Hardi menjelaskan, pengembangan sebagai tempat wisata jambu kristal pada tahun 2012. Lalu populer ketika Pemkot Batu menggencarkan desa wisata.
"Di temapat kami ada sekitar 6.000 pohon dengan luas kebun sekitar setengah hektare. Di sini juga dilengkapi dengan fasilitas aula dan gazebo bagi wisatawan sebagai tempat pemaparan atau edukasi," ujar Hardi kepada Malang Post.
Wisatawan yang berkunjung ke wisata ini mendapat welcome drink, snack, serta edukasi yang langsung diberikan Hardi. Jika ingin membawa pulang untuk oleh-oleh, pengunjung harus membeli sesuai harga yang ditentukan.
Ia membandrol harga jambu kristalnya ini seharga Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram. "Namun, bagi pengunjung yang datang langsung ke kebun, cukup membayar Rp 20 ribu saja, bisa menikmati nikmatnya jambu kristal sepuasnya," imbuhnya.
Tak hanya jambu kristal, wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh juga bisa menikmati produk olahan berbahan dasar jambu kristal. Yakni kristal pastry.
"Untuk produk olahan ada pastry yang diolah secara homemade dan handmade dari bahan selai-slice jambu kristal. Kami pastikan oleh-oleh sehat Kota Batu ini renyah, sehat, dan bergizi," bebernya.
Selain jambu kristal di Desa Bumiaji sendiri saat ini tengah banyak potensi wisata yang tengah berkembang dan bisa dikunjungi wisatawan. Beberapa diantaranya petik apel, peternakan kambing ettawa, rumah budaya slamet, dan yang terbaru seperti wisata bumi kitiran. (eri/van)

Editor : Vandri
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya





Loading...