Malang Post - Tumbangkan Malaysia di Partai Final, Indonesia Hattrick Juara BATC

Minggu, 29 Maret 2020

  Mengikuti :


Tumbangkan Malaysia di Partai Final, Indonesia Hattrick Juara BATC

Senin, 17 Feb 2020

MANILA - Tim putra Indonesia sukses menjadi juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 usai mengalahkan tim Malaysia di final dengan skor 3-1 pada Minggu (16/2/2020). Torehan di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina tersebut membuat kontingen Merah-Putih menjadi juara turnamen ini tiga kali beruntun.  Skuad Merah Putih membuka keunggulan lewat tunggal putra pertama, Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra peringkat 5 dunia itu menumbangkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, lewat pertarungan dua set langsung 22-20 dan 21-16.
“Puji Tuhan saya bisa selesaikan permainan dengan baik tanpa cedera. Saya senang bisa sumbang satu poin, di pertandingan beregu satu poin sangat berharga,” ungkap Ginting selepas laga dikutip laman PBSI, Minggu (16/2/2020).
“Di akhir game kedua, dia seperti buang-buang poin, saya coba ikuti saja mainnya, tapi tetap tidak kasih angin dan terus menekan lawan,” imbuh Ginting.
Di partai berikutnya, ganda putra nomor 1 dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memperlebar keunggulan kontingen Indonesia menjadi 2-0. Marcus/Kevin menang dari pasangan muda Malaysia berperingkat 8 dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Meski sempat mendapat perlawanan sengit pada gim pertama, Marcus/Kevin tetap mampu membukukan kemenangan straight game 22-20 dan 21-16.
"Di game pertama, mereka lebih siap dari kami, sepertinya mereka benar-benar sudah menyiapkan strategi. Mereka nggak gampang mati, saya sendiri masih banyak cari-cari permainan, masih banyak pukulan yang tanggung. Waktu game pertama bisa menang, di game kedua lebih enak mainnya," jelas Kevin.
“Pertahanan lawan rapat sekali, blocking-nya juga bagus. Di game kedua, kami lebih enak feeling-nya, sudah lebih ketemu cara mainnya," tambah Marcus.
Malaysia mampu menipiskan ketertinggalan menjadi 2-1 lewat aksi tunggal putra peringkat 72 dunia, Cheam June Wei, yang di luar dugaan mampu menumbangkan Jonatan Christie lewat rubber game 16-21, 21-17, 22-24.
Kemenangan Indonesia akhirnya ditentukan oleh ganda putra kedua, Mohammad Ahsan/Fajar Alfian. Duet kejutan tersebut menaklukkan pasangan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dua set langsung 21-18 dan 21-17. Gelar BATC 2020 menjadi yang ketiga kali secara beruntun bagi tim putra Indonesia. Sebelumnya Merah Putih menjadi juara BATC 2016 dengan mengalahkan Jepang dengan skor 3-2, dan menjadi kampiun BATC 2019 dengan menundukkan China 3-1.(tir/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Net

  Berita Lainnya





Loading...