Tira Persikabo-Semen Padang Dilarang Beli Pemain hingga 2021 | Malang Post

Kamis, 05 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 03 Des 2019, dibaca : 291 , Parijon, Net

JAKARTA - Dua klub peserta Liga 1 2019 PS Tira Persikabo dan Semen Padang mendapatkan sanksi berat dari FIFA berupa larangan transfer selama tiga periode atau hingga Juni 2021. Hal itu mengacu instruksi FIFA pada PSSI sesuai putusan FIFA Dispute Resolution Chamber (DRC) tertanggal 4 Juli 2019.
Dalam surat PSSI ke operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 27 November disebutkan Tira Persikabo dan Semen Padang dilarang melakukan perpindahan atau pendaftaran pemain hingga masalah tunggakan gaji diselesaikan.
Sanksi itu dijatuhkan FIFA kepada Tira Persikabo dan Semen Padang karena ada sengketa dengan mantan pemain yang belum selesai. Tira Persikabo dikabarkan menunggak gaji Elio Martins di Liga 1 2017, sedangkan tim Kabau Sirah belum melunasi tunggakan gaji pemain eks pemain asing mereka, Tristan Koskor.
Saat dikonfirmasi, manajer kompetisi PT LIB Asep Saputra, membenarkan surat dari PSSI maupun operator kompetisi yang sudah beredar luas di media sosial. PT LIB disebut Asep dalam posisi menjalankan putusan dari FIFA tersebut.
"Kita ke teknis, administratif saja. Kaitan klub, pemain, dan federasi, dalam hal ini. Kami melakukan pemblokiran sistem saja," ujar Asep Selasa (3/12).
"Selama itu [tunggakan] belum dipenuhi, maka [sanksi] terus berlaku. Begitu kewajiban dipenuhi itu aman [bisa transfer pemain lagi]," ia menambahkan.
Menurut Asep hukuman larangan transfer yang dijatuhkan FIFA pada Tira Persikabo dan Semen Padang tergolong baru. Ia menambahkan biasanya klub yang menunggak gaji dihukum pengurangan poin.
Salah satu klub yang pernah kena sanksi pengurangan poin karena menunggak gaji adalah PSMS Medan. Ketika itu, poin PSMS dikurangi tiga karena menunggak gaji pemain di musim 2018.
"Informasi dari Sekjen [PSSI, Ratu Tisha] kalau pemain keluar boleh. Yang nggak boleh pemain masuk," tuturnya.
Asisten manajer Tira Persikabo, Zainul Arifin saat dikonfirmasi membenarkan sanksi FIFA terkait tunggakan gaji Elio Martins. Pihak Tira Persikabo dikatakan Zainul sudah membalas surat induk organisasi sepak bola tertinggi dunia itu. Namun, Zainul tidak menjelaskan isi surat dari manajemen tim yang dikirimkan kepada FIFA.
"Dari manajemen sudah bersurat ke FIFA untuk menjelaskan itu. Sudah bersurat sih, [soal tanggal] nanti saya cek dulu. Sudah terkirim kok," ia menegaskan. (jal/jun/cnn/jon)



Kamis, 05 Des 2019

Pertahankan Makan Konate

Kamis, 05 Des 2019

Home Terakhir, Lawan Sang Juara

Kamis, 05 Des 2019

Fokus PSIS dan Persebaya

Loading...