Tingkatkan Pendapatan, Tlekung Bangun Pemandian | Malang POST

Kamis, 20 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 11 Jan 2020,

BATU - Pemerintah Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu memprioritaskan pembangunan destinasi wisata baru. Pembangunan pamandian Kaygun dianggarkan Rp 631 juta.
Hal itu diungkapkan Kepala Desa Tlekung, Mardi. Pembangunan tempat wisata sejak 2018 itu ikut mewujudkan visi misi Pemkot Batu Desa Berdaya Kota Berjaya. Pemandian Kaygun diharapkan mampu meningkatkan PADes Tlekung dan peningkatan kesejahteraan warga.
“Pemandian Kaygun ini merupakan salah satu aset untuk menambah pendapatan Desa Tlekung. Pembangunan sudah dimulai April 2018 lalu dengan anggaran Rp 631 juta bersumber ADD," ujar Mardi kepada Malang Post, Jumat (10/1) .
Dia menjelaskan, pembangunan kolam renang sudah selesai. Sedangkan kekurangan adalah fasilitas pendukung, seperti pemasangan paving, kamar mandi, loket, gazebo dan taman bermain anak.
Pihaknya menargetkan, pemandian di RT 03 RW 02, Dusun Krajan Kidul, Desa Tlekung selesai tahun 2020 ini. Dengan begitu masyarakat dan wisatawan segera bisa memanfaatkan.
Menurut Mardi, pemandian Kaygun masih butuh banyak penyempurnaan. Mulai dari wisata kuliner dan lahan parkir, dan pengembangan potensi wisata pertanian jambu kristal yang dimiliki warga.
"Kami ingin mengembangkan potensi di Desa Tlekung dengan adanya wisata yang terintegrasi. Sehingga wisatawan setiap kali berlibur bisa mendapatkan paket lengkap mulai pemandian, kuliner dan petik jambu," terangnya.
Khusus pertanian jambu kristal, ungkapnya, sudah berkembang pesat dan menjadi andalan Desa Tlekung. Jambu kristal ini dinilai cocok dengan iklim Kota Batu dan kuat segala cuaca.
Hanya saja, lanjut dia, masih ada kendala masyarakat yang bertani jambu kristal. Kendala itu mulai dari pemasaran hingga pengembangan produk olahan. ‘’Solusinya , secara bertahap seluruh kelompok tani Desa Tlekung disinergikan dengan Bumdes untuk pemasaran. Ada juga pengembangan jambu kristal menjadi produk olahan untuk,” imbuhnya.
Dengan sinergi, masyarakat dan Bumdes sebagai pihak yang memasarkan, ia berharap tak hanya peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Tapi juga peningkatan PADes Tlekung. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...