Tiga Desa Belum Bereskan APBDes | Malang Post

Senin, 27 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 12 Des 2019,

BATU - Tiga desa di Kecamatan Junrejo,  Desa Beji,  Desa Torongrejo dan Desa Junrejo belum menyelesaikan APBDes tahun 2020. Padahal bulan ini sudah harus dilakukan pengesahan. Akibatnya kepala desa (kades) dan perangkatnya di tiga desa tersebut bakal diberi sanksi tegas.  
Hal tersebut diungkapkan Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana S.STP di sela
penyampaian Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 di Aula Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Rabu (11/12).  
"Tiga desa tersebut belum menyelesaikan APBDes karena kemarin usai menggelar Pilkades dan baru dilantik pada 5 Desember. Kami imbau agar kepala desa segera menyelesaikan secepatnya," tandas Arief.
Pihaknya akan memberikan sanksi tegas dengan tidak akan memberikan penghasilan tetap (siltap) bagi kades dan perangkatnya. Hal itu merupakan langkah tegas Kecamatan Junrejo bagi tiga desa yang belum menyelesaikan APBDes tersebut.
"Tidak ada alasan kades baru atau baru saja menggelar Pilkades. Karena sebelumnya APBDes sudah dikerjakan oleh kades lama. Tinggal melanjutkan saja," tegas Arief.
Lebih lanjut dalam RKPDes yang digelar dan diikuti oleh tujuh desa di Kecamatan Junrejo akan memprioritaskan pembangunan fisik. Di antaranya pelebaran jalan alternatif, paving, dan saluran irigasi.
Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso MM menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar di Kecamatan Junrejo untuk selaraskan program dari pemerintah pusat dan daerah. Sehingga nantinya setiap program di tiap desa berjalan dengan baik.
Punjul berpesan agar penggunaan anggaran DD dan ADD yang digelontor pemerintah pusat dan daerah mampu diserap dengan baik. Tak hanya untuk pembangunan fisik, tapi juga peningkatan SDM. Selain itu mengalokasikan anggaran untuk menekan angka kemiskinan hingga penanganan stunting.
"Karena itu kami harap DD dan ADD tahun 2020 bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat," pungkasnya. (eri/van)

Editor : Vandri
Penulis : Keristyanto






WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...