Tertibkan Lapak Liar, Petugas Wastib Kena Pukul PKL | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Tertibkan Lapak Liar, Petugas Wastib Kena Pukul PKL

Jumat, 24 Jan 2020,

MALANG - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang kembali menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL)  Pasar Kebalen yang bandel. Jumat (24/1) , petugas pengawasan dan penertiban (Wastib) melakukan penertiban di Pasar Kebalen dan Pasar Besar. Meski sempat adu argumen oleh pemilik lapak, beberapa lapak pedagang berhasil diamankan.
Kepala Diskoperindag Kota Malang, Wahyu Setianto mengungkapkan, penertiban dilakukan karena masih banyak PKL yang bandel dan tidak taat aturan. "Contohnya di Pasar Kebalen, banyak pedagang yang curi-curi jualan sebelum waktunya, ini  tidak boleh," kata Wahyu kepada Malang Post.
Di Pasar Kebalen, para pedagang diizinkan berjualan mulai pukul 02.00 hingga 06.00 pagi. Di luar jam tersebut tidak boleh ada yang berjualan. "Di Pasar Kebalen, kami menertibkan lima pedagang," terangnya.
Selain di Pasar Kebalen, pihaknya juga melakukan penertiban PKL di Pasar Besar. Sebab, masih banyak PKL yang kucing-kucingan berjualan di sekitar pasar. "Banyak pedagang yang mengeluh dagangannya sepi akibat PKL. Akhirnya, kami lakukan operasi sebagai efek jera," ujar Wahyu.
Ketika di Pasar Besar, sempat terjadi adu argumen. Akibatnya, dua petugas Wastib Pasar Besar terkena pukulan dari pedagang. "Meski sempat ada perlawanan, situasi berhasil dikendalikan. Kami memberikan pendekatan persuasif dan memberikan imbauan agar tidak lagi berjualan di daerah larangan," lanjut dia.
Disana, pihaknya berhasil mengamankan 12 PKL dan memboyong barang dagangan tersebut ke kantor Diskoperindag. "Setelah dua hari, baru bisa diambil," ungkapnya.
Ke depan, untuk melakukan penertiban tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan Satpol PP Kota Malang. "Kami akan menjalin koordinasi dengan Satpol PP. Jika ada lagi yang melakukan pelanggaran akan dikenakan Tipiring," tandas dia.(tea/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Amanda Egatya

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...