Target Terpenuhi, PAD Retribusi Pasar Bakal Naik | Malang Post

Minggu, 19 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 18 Des 2019,

MALANG - Meski target pendapatan daerah dari sektor retribusi pasar tradisional sudah mencapai target sebelum akhir tahun, nilai ini masih belum maksimal. Karena jika ditelaah, capaian retribusi pasar bisa lebih besar lagi.
Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang Drs Wahyu Setianto. Ia menjelaskan, pemungutan retribusi di pasar masih seharusnya bisa lebih besar dari apa yang ditargertkan.
“Memang dari target kia Rp 5,7 miliar belum akhir tahun kita sudah capai 102 persen. Kita memang gencar memungut. Yang nunggak kita datangi. Dan ada temuan bahwa satu pedagang yang misal memiliki 6 lapak dia hanya bayar retribusi 2 sampai 3 lapak saja,” tutur Wahyu.
Hal inilah yang mendasari mengapa capaian target retribusi di pasar-pasar tradisional harusnya bisa lebih besar. Temuan tersebut kerap ditemukan di beberapa pasar seperti Pasar Besar, Pasar Bunulrejo hingga Pasar Klojen.
Inilah mengapa di tahun mendatang target akan dinaikkan dan akan kembali digencarkan pemungutan retibusi pasar dengan maksimal.
“Kemarin sambil didata, sambil kita memberitahukan kalau seharusnya bayarnya lebih,” tegas mantan Kasatpol PP Kota Malang ini.
Pasalnya, lanjut Wahyu, pedagang banyak tidak tahu bahwa lapak yang mereka gunakan meskipun hanya dipakai tempat penyimpanan atau gudang tetap terhitung sebagai lapak yang harus memberikan reribusi.
Selama ini, pedagang hanya mengetahui bahwa lapak yang dipakai mereka untuk berjualan itu saja lah yang dihitung menjadi target retribusi pasar.
“Makanya kami beri edukasi juga. Harapannya tahun mendatang bisa maksimal,” tegas Wahyu.
Meski begitu fakta bahwa capaian retribusi melebihi target juga akan menjadi tolok ukur penggencaran program e-retribusi. Guna menekan kebocoran karcis dengan menggunakan mesin gesek atau electronic data capture (EDC).
Ditambahkannya hasil capaian target tersebut salah satunya memang melalui penerapan program EDC di pasar-pasar tradisional Kota Malang. Kedepan program ini akan terus dikembangkan dan digalakkan.
Dengan edukasi lebih pada pedagang dan juga penerapan EDC, Disdag yakin tahun depan target capaian retribusi pasar akan lebih meningkat. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Sisca






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...