Tangkap Pencuri Janur, Pencurian Mesin Terungkap | Malang POST

Sabtu, 29 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Tangkap Pencuri Janur, Pencurian Mesin Terungkap

Sabtu, 15 Feb 2020,

MALANG – Polsek Wonosari membekuk pelaku pencurian mesin bajak di sawah Desa Bangelan Kecamatan Wonosari. Mereka adalah Hariyanto, 35 tahun, warga Dusun Sumberduren, Desa Sidodadi Gedangan dan MS, 15 tahun, warga Argotirto Gedangan. Keduanya kini harus mendekam di sel tahanan Polsek Wonosari.
Dari keterangan yang dihimpun, kejadian ini berawal dari kegiatan rutin harian Sutadji, 45 tahun, petani, yang datang ke sawah pada Rabu (28/1), sekitar pukul 05.00 WIB. Seperti biasa, dia datang untuk membajak dan menggarap sawah. Tapi, begitu tiba di lahan tersebut, Sutadji merasa ada yang janggal.
Mesin bajak yang biasa diletakkan di tengah sawah, ternyata raib. Dia berupaya mencari di sekeliling sawah, tapi tidak menemukan mesin bajak sawah itu. Akhirnya, dia melaporkan peristiwa ini kepada perangkat desa Bangelan, yang dilanjutkan ke Polsek Wonosari. Unit Reskrim Polsek Wonosari yang menerima laporan, langsung menyelidiki kasus ini.
Setelah beberapa saat, muncul lagi kasus pencurian janur kelapa di sekitar Desa Kebobang. Waktu kejadian, diperkirakan sekitar dini hari sampai subuh. Polisi pun memantau kawasan yang dilaporkan sebagai sasaran maling selama tiga hari berturut-turut. Akhrinya, patroli ini membuahkan hasil.
Pada Kamis (13/2) lalu, Polsek Wonosari mengintai lokasi sekitar pukul 02.30 WIB, dan mendapati mobil mencurigakan. Yaitu, Daihatsu Luxio N 1379 FT. Mobil ini berhenti di pinggir jalan Dusun Lopawon Desa Kebobang. Setelah pengintaian, polisi memergoki dua orang sedang mengangkut janur ke dalam mobil.
Petugas Unit Reskrim Polsek Wonosari menggerebek mereka. Saat digeledah, mobil Luxio sudah berisi janur-janur. Tapi, penggeledahan tak berhenti sampai di sini. Pencarian barang bukti lainnya berlanjut di rumah kos pelaku di kawasan Desa Talangagung Kepanjen. Dua petunjuk yang awalnya tak berkaitan, klik di rumah kos ini.
“Pasalnya, petugas kami menemukan mesin bajak di dalam rumah kos tersebut. Mesin ini sesuai dengan kejadian curat 28 Januari 2020 dengan TKP desa Bangelan. Kedua kasus pencurian janur dan mesin bajak sawah, diduga melibatkan tersangka yang sama,” jelas Kapolsek Wonosari, AKP Edi Purnama, Jumat (14/2).
Polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Yaitu, mobil Luxio yang menjadi alat transportasi kejahatan, satu mesin bajak sawah, satu alat pikul, seutas tali, serta beberapa ikat janur. Kedua tersangka, dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan, ancaman hukuman 5 tahun penjara.(fin/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Fino Yudistira

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...