Tanda Peradaban Dekat Kali Metro | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 19 Okt 2019,

JEJAK kekayaan peradaban Malang Raya tersebar di berbagai kawasan. Belum lama ini dilakukan penelusuran sebuah lokasi yang diduga petirtaan kuno, di Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Areanya berada di dekat kantor Malang Corruption Watch (MCW). Setelah melewati Jalan Joyosuko Metro, terdapat sebuah jembatan. Untuk menuju tempat diduga petirtaan itu, harus menyusuri sawah dan sungai.
Kurang lebih lima menit dari jembatan Kali Metro, Malang Post bersama petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, dan warga Merjosari tiba di lokasi jejak peradaban itu. Sekilas seperti sumber air. Air mengucur dari sela-sela tembok batu padas yang tingginya sekitar 10 meter lebih.
Di bagian bawah, terdapat sebuah kolam. Ukurannya tidak besar, sekitar hanya panjang satu meter, lebar 1,5 meter dengan kedalaman sekitar tulang kering kaki orang dewasa. Kolam ini, terlihat jelas bukan terbentuk secara alami. Melainkan, kolam buatan manusia. Tampak airnya bening.
Aliran air mengucur lalu  membentuk aliran menuju kali Metro. Bersama petugas BPCB Trowulan, pegiat budaya serta pegiat heritage mencoba minum air dari sumber tersebut. Memang air jernih itu terasa segar.
Di sekitar aliran air dari sumber tersebut, terdapat sawah dan lahan pertanian. Hanya saja, sawah dan kebunnya terlihat berbeda dari lokasi di kawasna lain. Pasalnya, bagian dasar sawah bukanlah tanah gembur. Melainkan, batu padas.
Ferry Daud, warga Merjosari, sekaligus pegiat heritage Merjosari, mengungkapkan kawasan sawah ini sebelumnya hamparan batu padas. “Hamparan itu masih menjadi kesatuan dengan kolam dan sumber tersebut. Karena, tanah yang digunakan untuk bercocok tanam, diangkut dan dibawa ke sini,” jelasnya.
Jika menghitung luas area, maka kawasan yang diduga petirtaan ini, berukuran minimal 50 meter kali 50 meter. Luasan tersebut belum termasuk area sekitar petirtaan yang menjadi sawah.(fin/van)

Editor : vandri
Penulis : fino






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...