Malang Post - Suhu Australia Capai Rekor Terpanas

Senin, 06 April 2020

  Mengikuti :


Suhu Australia Capai Rekor Terpanas

Rabu, 18 Des 2019

SYDNEY - Suhu di Australia mencapau rekor dengan suhu rata-rata mencapai 40,9 Celcius (C), kata para ahli meteorologi. Biro Meteorologi Australia mengatakan suhu panas di Australia pada Selasa 17 Desember 2019 melewati rekor 40,3 C pada 7 Januari 2013.
Angka itu mengambil rata-rata suhu maksimum di negara itu, mengutip BBC, Rabu (18/12/2019).
Rekor ini muncul ketika negara itu menghadapi krisis kekeringan dan kebakaran hutan yang parah. Peramal cuaca memperkirakan suhu terpanas akan terjadi pada akhir pekan ini, yang berarti rekor suhu terpanas bisa dipecahkan lagi.
Ketika ratusan kebakaran terjadi, Perdana Menteri Scott Morrison dikritik karena tanggapannya terhadap bencana alam dan kebijakan iklim pemerintahnya.
Pada awal minggu, suhu du Perth, ibu kota Australia Barat, mencapai di atas 40 C, rekor untuk bulan Desember.
Perbedaan antara kedua suhu saat ini adalah yang terkuat dalam 60 tahun. Perairan yang lebih hangat menyebabkan hujan yang lebih tinggi dari rata-rata di wilayah Samudra Hindia bagian barat, menyebabkan banjir, dan kondisi yang lebih kering di Asia Tenggara dan Australia.
Namun Australia telah mengalami kekeringan dalam waktu yang lama. Biro Meteorologi Australia (Bom) mengatakan tanah yang kering berarti lebih sedikit penguapan.
Apa yang dilakukan perubahan iklim terhadap Australia?
Menurut Bom, Australia telah menghangat secara keseluruhan hanya 1 C sejak 1910, dengan sebagian besar memanas sejak 1950.
Sembilan dari 10 tahun terpanas di Australia tercatat telah terjadi sejak 2005.
"Iklim Australia semakin dipengaruhi oleh peringatan global dan variabilitas alami terjadi di atas tren latar belakang ini," kata Bom.
Pemerintah konservatif Australia dikritik baik di dalam negeri maupun internasional karena ketergantungan pada batubara.
Australia adalah salah satu penghasil polusi karbon per kapita tertinggi, sebagian besar karena masih sangat bergantung pada tenaga bahan bakar fosil. PBB juga mengatakan Australia adalah di antara minoritas negara-negara G20 yang gagal memenuhi target pengurangan emisi.
Gelombang panas adalah bencana alam paling mematikan di Australia dan telah menewaskan ribuan orang, lebih banyak daripada kebakaran hutan atau banjir. Musim panas lalu (2018-2019) tercatat sebagai yang terpanas di negara ini, karena suhu rata-rata melonjak melewati 30 C untuk pertama kalinya. (oke/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : net

  Berita Lainnya





Loading...