Stadion Tertua, Dibangun 100.000 Gulden | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 03 Nov 2019,

MALANG – Sejarah sepak bola Indonesia tampaknya tak bisa dilepaskan dari Kota Malang. Hal ini bisa terlihat dengan keberadaan Stadion Gajayana, salah satu stadion tertua di Indonesia. Dibangun sejak tahun 1924, beberapa peristiwa bersejarah juga terjadi sekitar area stadion. Selain itu, tentu saja stadion ini pernah menjadi markas dua tim asal Malang, Arema dan Persema.
Stadion Gajayana dibangun pada 1924 dan rampung dua tahun kemudian atau pada 1926. Awal pembangunan stadion, sepuluh tahun setelah Malang ditetapkan menjadi Kotapraja. Pada masa itu, Kota Malang masih di bawah pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda.
“Bentuk awalnya sangat berbeda dengan sekarang karena pada masa itu belum ada tembok besar yang mengelilingi serta tribun keliling bagi penonton. Hanya ada tribun dalam bentuk kecil serta hamparan rumput bagi orang yang ingin menyaksikan pertandingan di stadion tersebut,” tutur Kasi Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, seperti dikutip dari Buku Heritage Kota Malang.
Kala itu, Stadion Gajayana dibangun bersamaan dengan pembangunan Kolam Renang Gajayana (Swembat = Slembat). Selain membangun Stadion Gajayana, dibangun pula dua lapangan sepak bola kecil di sebelahnya. 

   Baca juga : Saksi Bisu Perjuangan Tentara Pelajar
Untuk menyelesaikan bangunan utama stadion ini dibutuhkan biaya hingga hampir 100.000 Gulden. Jumlah tersebut, saat ini bila dikurs-kan menjadi rupiah sebesar Rp 806 juta. Tentunya bukan biaya yang murah di masa tersebut.
Pada awal pembangunan, stadion yang berada diantara Jalan Tenes, Jalan Semeru dan Jalan Tagkuban Perahu ini memiliki kapasitas hanya sekitar 5.000 hingga 10.000 orang penonton. Namun, setelah mengalami beberapa kali pemugaran dan renovasi, kapasitasnya menjadi sekitar 2-3 kali lipat. Saat ini Stadion Gajayana sanggup menampung hingga 30.000 orang penonton.
“Stadion ini sudah mengalami beberapa kali renovasi. Pada awal tahun 1990-an, Gajayana direnovasi dan memiliki daya tampung mencapai ± 17.000. Lalu, setelah direnovasi lagi, kapasitas bisa menampung mencapai 30.000 orang,” ungkapnya.
Selain tribun untuk kapasitas penonton, rumput Stadion Gajayana juga mendapatkan renovasi besar-besaran yang terjadi pada akhir tahun 2002 hingga awal tahun 2003. Renovasi tersebut menelan dana sebesar Rp 125 juta untuk memperbaiki lapangan. Mulai dari proses pengerukan, penataan ulang lapangan, dan penanaman rumput dengan yang baru. Renovasi selanjutnya dilakukan pada tahun 2008, untuk menyempurnakan kekurangan segi teknis lapangan yang masih tampak.
“Tidak hanya itu, pada 2007, area samping Stadion Gajayana dibangun pusat perbelanjaan bernama Mall Olympic Garden (MOG) yang selesai pembangunannya pada 2008,” papar dia.
Stadion Gajayana memiliki fasilitas yang terhitung lengkap sebagai salah satu kompleks olahraga. Pasalnya, di sana juga terdapat lapangan sepak bola di area luar stadion, lapangan basket, lapangan tenis, hingga kolam renang.
“Yang jelas stadion ini pernah menjadi markas dua tim besar asal Malang, yakni Arema dan Persema,” tandas dia.
Ketika menjadi kandang Arema, beberapa laga internasional juga digelar di Stadion Gajayana. Misalnya Champions Asia 2007, ketika Tim Singo Edan memakai stadion ini sebagai homebase di babak penyisihan grup. Diajang tersebut, pernah mencatat penonton terbanyak untuk laga internasional ketika Arema melawan Kawasaki Frontale.
Arema bermarkas di Stadion Gajayana sampai tahun 2003, sebelum pindah markas ke Stadion Kanjuruhan semusim kemudian. Di luar pertandingan internasional, Stadion Gajayana juga sempat menjadi saksi Arema mengangkat trofi Juara Galatama pada musim 1992-1993.
Saat ini, Stadion Gajayana merupakan homebase kedua Arema setelah Stadion Kanjuruhan. Tahun ini, Arema sudah menggunakan stadion tersebut untuk pertandingan Liga 1 kala menjamu Persipura dan Tira Persikabo. (ley/feb)

Editor : febri
Penulis : stenly






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...