Malang Post - SDI Khoiru Ummah Madyopuro, Khataman Siswa Sekaligus Peresmian Masjid Sekolah

Kamis, 09 April 2020

  Mengikuti :


SDI Khoiru Ummah Madyopuro, Khataman Siswa Sekaligus Peresmian Masjid Sekolah

Senin, 16 Des 2019

MALANG - Pelataran SDI Khoiru Ummah Madyopuro nampak riuh oleh para wali murid dan warga sekitar yang diundang dalam acara Khataman dan Imtihan (ujian publik) Metode Ummi ke-5, Sabtu (14/12). Istimewanya lagi, dalam kegiatan rutin khataman sekolah ini, juga digelar peresmian masjid Khoiru Ummah. Hadir Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edy Jarwoko dalam agenda tersebut.
Acara diawali dengan prosesi Khataman dan Imtihan yang dipandu langsung oleh ustadz Budi dari Ummi Foundation Malang. Sebanyak 35 siswa pilihan dari kelas 3 sampai 6 yang telah menyelesaikan program keterampilan membaca Alquran dengan metode Ummi.
"Metode UMMI sudah dikenal sebagai salah satu metode membaca Alquran yang sudah tersertifikasi. Kemarin itu adalah puncak acaranya, artinya sebelumnya sudah dilakukan ujian di hadapan UMMI foundation. Siswa yang dinyatakan lalu diwisuda," terang Ketua Yayasan Khoiru Ummah Malang Ustadz Supriyadi A.Md.
Isak tangis dan haru para wali murid beserta undangan pecah ketika para peserta melakukan salam takzim. Siswa memohon maaf dan berterima kasih kepada orang tua serta guru yang telah membimbing mereka selama ini hingga mampu mengkhatamkan Al Quran dengan kaidah membaca yang baik dan benar.
"SDI Khoiru Ummah bertagline sekolah Quran. Jadi selain ilmu umum, siswa juga dibekali ilmu agama yang memiliki porsi lebih dibanding sekolah lain. Lulusan Khoiru Ummah memiliki target hafalan minimal 3 juz saat lulus kelas 6. Rekor sementara selama 3x kelulusan ada beberapa siswa menyelesaikan hafalan 6 Juz," ungkap Supriyadi.
Suasana semakin meriah ketika Wakil Wali Kota dan rombongan hadir menyapa para wali murid serta undangan dengan ramah. Dalam sambutannya, wawali menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan ini.
"Harapannya kegiatan seperti ini dapat melahirkan sumber daya manusia yang memiliki kelebihan dalam aspek religius, sehingga akan melahirkan pemimpin-pemimpin negeri yang prestisius," ujar Sofyan.
Wawali juga berpesan kepada seluruh tamu yang hadir untuk bahu membahu, bergotong royong menjaga dan mewujudkan Kota Malang agar senantiasa guyub rukun dan semakin maju.
Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian masjid Khoiru Ummah langsung oleh wawali. Dengan adanya penandatanganan ini, maka masjid berkapasitas 300 jamaah yang terletak di jantung kompleks sekolah SD-SMP Khoiru Ummah siap untuk dipakai salat jamaah lima waktu serta salat Jumat.
Tak lupa, Wakil Walikota secara pribadi juga memberikan bantuan untuk pengembangan masjid agar dapat dimanfaatkan sekolah dan masyarakat dengan lebih baik. Kemeriahan acara ditutup dengan penampilan nasyid oleh siswa kelas 2 dan doa oleh Ustadz Supriyadi. (mp3/sir/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Ajeng

  Berita Lainnya





Loading...