Rest Area Karangploso Memprihatinkan | Malang Post

Minggu, 19 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 14 Jan 2020,

MALANG – Rest Area Karangploso harus mendapatkan perhatian dari Pemkab Malang. Tempat persinggahan di Jalan Raya Karangan Donowarih, Karang Juwet, Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang ini vital bagi wisatawan maupun pengguna jalan. Namun, kondisinya kurang terurus.
Tak pelak, Rest Area Karangploso kurang representatif bagi pengguna jalan maupun wisatawan luar kota yang mampir untuk istirahat. Dari pantauan Malang Post di lokasi, Rest Area Karangploso yang terbangun di atas tanah kas desa (TKD) Donowarih tersebut, tampak tak terawat.

   Baca juga : Siap Bahas Kenaikan Tarif PDAM


Terutama, pusat kolam air Rest Area pada awal pembangunan menjadi ikon yang layak dipakai untuk berfoto. Sekarang, kondisi airnya sudah hijau dan seperti tidak pernah diganti.
Selain itu, banyak sampah berserakan yang membuat kondisi Rest Area menjadi kurang nyaman dilihat bagi pengunjung. Rerumputan liar yang tumbuh di sekitar kolam air ini juga menambah kesan tak terurus.
Padahal lokasi ini cukup strategis bagi pengunjung dan pengguna jalan. Rest Area Karangploso berdiri dan diresmikan pada tahun 2015, sempat menjadi pusat perhatian karena dinanti-nantikan kehadirannya.
Namun, sepanjang empat tahun berjalan, popularitas Rest Area Karangploso masih harus didongkrak oleh OPD terkait maupun pemerintah kecamatan dan desa.
Camat Karangploso, Dyah Ekawati menyebut Rest Area Karangploso adalah aset Pemkab Malang yang dikelola dinas terkait dan perawatannya dikerjasamakan dengan Desa Donowarih.
“Kecamatan tidak ikut memiliki dan tidak ikut diserahi tanggungjawab, sama dengan Alun-alun Karangploso. Namun, Kecamatan Karangploso tetap ikut membersihkan secara swadaya. Kami pemerintah kecamatan hanya ingin agar Rest Area tetap terlihat bersih dan indah,” jelas Dyah kepada Malang Post, Selasa.
Dari sisi anggaran 2020 di Kecamatan Karangploso, alokasi untuk perawatan insidentil maupun reguler dari aset-aset Pemkab Malang yaitu Rest Area dan Alun-Alun, tidak besar. Karena itu, dia mengimbau masyarakat yang mengunjungi Rest Area, untuk bisa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan demi menjaga keindahan lokasi.(fin/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Fino Yudistira






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...