Rachmada Zhidan, Kapten Tim Esport Juara Nasional Free Fire | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 18 Jan 2020,

MALANG – Perubahan zaman dan teknologi kian berkembang cepat. Game yang dulunya dipandang sebelah mata, kini berevolusi sebagai profesi yang digemari, dibidik dan dicita-citakan. Pasalnya, ternyata game tersebut dapat menghasilkan keuntungan dan gaji yang tak main-main, puluh bahkan ratusan juta rupiah.
Dan, Malang berpotensi menghasilkan atlet-atlet esport berkaliber nasional. Bahkan, belum lama ini, siswa SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen, menjuarai turnamen esport kelas Nasional. Rachmada Zhidan, 17, adalah kapten tim esport SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen, yang menjuarai Free Fire Youth National Esports Championship (YNEC) dengan grand final di Jakarta.
Turnamen esport pelajar ini, secara resmi baru kali pertama digelar oleh Garena di Indonesia pada 2019. Nama SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen Malang, meroket di kancah esport nasional.
Semua ini, berawal dari keisengan Zhidan dua tahun lalu. “Awalnya iseng install Free Fire, coba-coba, game-nya ternyata enak, akhirnya main terus,” ujar Zhidan.
Dia menyebut dua tahun lalu belum ada yang pelajar di sekolahnya yang bermain Free Fire. Dia mengaku lebih banyak mabar (main bareng) secara online dengan player dari Palembang dan Makassar. Selama dua tahun, dia banyak mengikuti turnamen esport, tapi belum bersama tim SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen.
Setelah itu, tahun 2019, temannya melihat ada brosur di Instagram, tentang YNEC Free Fire. “Penyisihan digelar di Cyber Mall pada Agustus 2019. Akhirnya saya diajak teman ini, dan ada yang unik. Untuk daftar, harus pakai raport dari sekolah. Nilai raport harus bagus, supaya bisa ikut turnamen,” ujar siswa kelas XII jurusan TKJ itu.
Saat itu, Zhidan bermain bersama Muhammad Ridho, Ardan Maulana dan Erdan Vigo, mewakili SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen. Namun, pada hari H penyisihan, mereka hanya bermain tiga player karena satu pemain absen untuk ikut karnaval. Ternyata, mereka bisa meraih juara dua dari penyisihan, dan berhak lolos ke semifinal turnamen.
“Setelah masuk semifinal, kami semakin serius. Latihan pun makin intens. Setiap hari latihan 8 jam, dua jam latihan tim, 6 jam latihan solo squad online. Di semifinal bulan September, kami dapat juara 2 lagi, dan berhak ke Jakarta untuk ikut grand final,” tandas Zhidan.
Garena mengirim surat ke sekolah, dan memintakan izin agar mereka bisa mengikuti turnamen.
Pihak sekolah pun memberangkatkan tim ini bersama satu guru pendamping ke Jakarta untuk mengarungi babak final yang dihelat pada Oktober 2019 lalu. Sembari menunggu keberangkatan, latihan keras tetap berjalan, diiringi dengan belajar serius, agar nilai raport tidak jeblok, sebagai persyaratan mengikuti turnamen.
Dalam grand final, tim SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen bersama SMAN 6 Malang, menjadi wakil Malang Raya. Zhidan menghadapi tim dari Palembang, Padang, Makassar, Jakarta, Sumedang sampai Yogyakarta. Grand final dibagi menjadi empat babak. Dua babak pertama, tim SMK 1 Muhammadiyah Kepanjen, gagal mendapatkan booyah atau peringkat 1 dari game bergenre battle royale itu.
“Dua match, kami dapat peringkat enam berturut-turut, dan klasemen kami ada di posisi 9. Akhirnya saya bilang ke mereka, agar main lepas, yang tenang dan santai, supaya mental tidak hancur. Di dua babak terakhir, kami mendapatkan booyah berturut-turut, dan juara dramatis,” jelasnya.
Zhidan mengatakan, di babak keempat, sebelum memastikan juara, dia hanya bermain duet dengan Ridho. Pasalnya, dua rekan lainnya, apes karena knock out air drop di awal circle. Namun, dengan kegigihan, fokus dan mental baja, Zhidan dan Ridho, sukses survival sampai circle akhir dan menaklukkan babak pamungkas, sekaligus berhak mengangkat trofi juara nasional.
“Menurut saya, Malang punya potensi besar di dunia esport. Hanya saja, untuk menyongsong itu, fasilitasnya kurang, ruangnya tidak ada, perlu ada ruang supaya pemain esport di Malang bisa jadi profesional,” tutupnya. (fin/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Fino Yudistira



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...