Malang Post - Puskeswan Beri Layanan Gratis

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Puskeswan Beri Layanan Gratis

Selasa, 17 Des 2019

MALANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang membuka Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang diberikan gratis. Beralamat di Jalan Kolonel Sugiono No 176, Kota Malang  melayani konsultasi, pemeriksaan hewan peliharaan hingga pemberian obat cacing dan vitamin gratis khusus untuk warga Kota Malang.
Melalui Puskeswan harapannya dapat  menjamin kesehatan hewan atau ternak di Kota Malang. Sehingga bebas penyakit hewan menular strategis. Adapun Kegiatan difokuskan pada pelayan kesehatan hewan secara Aktif (pelayanan kepada ternak masyarakat) maupun Pasif di Puskeswan secara Gratis.

Baca juga :

Kembangkan Mekanisasi Pertanian

Gencarkan Program Gemarikan

Pastikan Stabilitas dan Pasokan Pangan Tercukupi


“Pelayanan yang telah dilakukan di tahun 2019, pelayanan kesehatan hewan kecil sebanyak 1.261 ekor dan pelayanan kesehatan hewan besar sebanyak 576 ekor,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Malang, drh. Anton Pramujiono.
Untuk program peningkatan produksi peternakan melalui kegiatan pengembangan teknologi peternakan tepat guna melalui giat inseminasi buatan pada sapi dan kambing. Tujuannya menambah populasi sapi dan kambing di Kota Malang. “Target di tahun 2019 sebanyak 260 akseptor sapi dan 110 akseptor kambing serta kelahiran yang sudah dilaporkan adalah 150 ekor sapi dan 130 ekor kambing,” terangnya.
Program Pengawasan dan Pengedalian Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner  juga dilakukan melalui kegiatan pengawasan bahan pangan asal hewan. Tujuannya agar pangan asal hewan (daging, telur dan susu) yang beredar di Kota Malang adalah Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).
“Pengambilan dan pemeriksaan contoh pangan asal hewan tahun 2019 adalah 1500 contoh. Harapannya memberikan jaminan keamanan pangan asal hewan yang beredar di Kota Malang tetap terwujud,” tambahnya. (aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : mp

  Berita Lainnya





Loading...