Malang Post - Pondok Pesantren Darut Tauhid Suburkan Ilmu Dengan Salat Tahajud

Selasa, 31 Maret 2020

  Mengikuti :


Pondok Pesantren Darut Tauhid Suburkan Ilmu Dengan Salat Tahajud

Jumat, 22 Nov 2019

MALANG - Salat Tahajud merupakan amalan salat Sunnah yang paling tinggi derajat dan keutamaannya. Meski demikian tidak banyak umat Islam yang istiqamah menjalankannya. Sehingga membuat salat Sunnah ini menjadi begitu istimewa di sisi Allah.
“Dan pada sebagian malam, lakukanlah Salat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji," demikian Allah berfirman dalam Al-Qur'an, Surat Al-Israa ayat 79.
Dalam Hadits Riwayat Ibnu Majah juga diterangkan, Rasulullah bersabda; “Hai sekalian manusia, sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah salat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat,".
Selain tingginya derajat salat tahajud bagi yang mengamalkannya, salat yang paling utama dikerjakan di sepertiga malam terakhir ini memiliki banyak faidah yang lain. Salah satunya sebagai amalan Sunnah yang dapat menyuburkan ilmu. Maka sangat dianjurkan bagi para pelajar untuk tetap istiqamah mengamalkan salat Sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah selama hidupnya.
Berdasarkan faidah dan keutamaan tahajud, selama satu tahun terakhir, Pondok Pesantren Darut Tauhid di Sumbersari Malang mewajibkan kepada para santrinya untuk melaksanakan salat tahajud. Tidak lagi sebatas anjuran seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi sudah menjadi program wajib di pondok.
Kepala Diniyah Pondok Pesantren Darut Tauhid Malang, Ustadz Taufik Hidayat mengatakan salat tahajud menjadi satu amalan yang sangat baik untuk dilaksanakan secara istiqomah di lingkungan pesantren. Apalagi para santri di pondok merupakan penuntut ilmu, maka akan menjadi jalan penerang bagi mereka. "Salat tahajud menjadikan ilmu mereka makin subur. Termasuk amal-amal Sunnah lainnya. Ilmu yang subur tentu akan memberikan buah yang banyak dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain," terangnya.
Selain itu, kemuliaan seseorang salah satunya bisa dicapai dengan mengamalkan salat tahajud. Sebab Allah telah menjamin derajat mulia bagi hamba yang mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan Sunnah. Salah satunya salat Sunnah tahajud.
Bagi yang belum terbiasa melaksanakan salat tahajud menjadi sebuah tantangan yang berat. Demikian juga bagi para santri Darut Tauhid yang pada awalnya terasa berat menjalankan. Namun sekarang, sudah tidak lagi. Sejak satu tahun terakhir menjadi program wajib pondok, para santri telah merasakan nikmatnya salat tahajud. Mereka menjalankan dengan ikhlas dan penuh antusias. Apalagi dilaksanakan dengan berjamaah, menjadi semakin nikmat dan khusuk.
Ustadz Taufik menuturkan, amalan baik kadang  pada awalnya perlu dipaksakan. Setelah seseorang telah terbiasa maka selanjutnya dapat menjalankan dengan ikhlas tanpa beban. "Demikian harapan kami pada santri. Salat tahajud akan menjadi amalan yang dikerjakan secara istiqamah selama hidup mereka," tandasnya. (imm/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Imam

  Berita Lainnya





Loading...