Malang Post - PM China Peringatkan Indonesia Soal Tragedi 98

Senin, 06 April 2020

  Mengikuti :


PM China Peringatkan Indonesia Soal Tragedi 98

Selasa, 10 Des 2019

Media sosial Facebook kembali diramiakan dengan adanya postingan yang menyebutkan PM China peringatkan Indonesia, akan mengirim pasukan bila tragedi 98 terulang. Beberapa postingan yang beredar tersebut mengutip link dari sketsanews.com.
Sontak dengan adanya informasi yang belum diketaui secara benar faktanya membuat informasi tersebut ramai di media sosial Facebook. Mengingat peristiwa 1998 merupakan peristiwa penggulingan Presiden RI Soeharto oleh rakyat yang kemudian berdampak pada krisis hingga peristiwa kemanusiaan.
Namun setelah dilakukan penelusuruan oleh Malang Post, diketahui informasi tersebut tidak benar dan dapat dikatakan sebagai hoax lama bersemi kembali (HLBK). Adapun, isu tersebut sempat beredar tahun 2016, pasca peristiwa aksi pada tanggal 4 November 2016 atau dikenal dengan nama Aksi 411.
Tak hanya itu, isu lama tersebut juga sudah ditanggapi oleh pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Pihak Kemenlu sudah melakukan klarifikasi kepada pihak Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Hasilnya Perdana Menteri RRT tidak memberikan pernyataan seperti pada informasi yang beredar waktu itu.
“Selamat sore tweeps, hati-hati dengan pemberitaan dari media online seperti ini,” tweet akun Twitter resmi milik Kemenlu (@Kemlu_RI) pada tanggal 8 November 2016. Selain itu, akun tersebut mengunggah tangkapan layar dari media yang menyantumkan judul berita yang salah tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, HLBK yang mencatut PM China tersebut masuk dalam kategori fabricated content atau konten palsu. Sebab, isi artikel dalam link tersebut tidak berdasarkan pernyataan PM China. (eri/lim)

Editor : Halim
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya





Loading...