PKK Desa Beji Wakil Kota Batu di Tingkat Provinsi | Malang POST

Sabtu, 22 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


PKK Desa Beji Wakil Kota Batu di Tingkat Provinsi

Minggu, 15 Des 2019,

BATU - Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 digelar Tim Penggerak PKK Kota Batu di akhir tahun 2019. Dalam memperingati HKG PKK berbagai perlombaan bidang kesehatan digelar oleh TP PKK Kota Batu tingkat desa dan kecamatan.
Ketua tim penggerak PKK Kota Batu, Wibi Asri Punjul Santoso menyampaikan, sejak bulan November-Desember 2019 berbagai perlombaan tentang kesehatan telah digelar dan dinilai, meliputi Kesehatan Lingkungan (Kesling), kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik), Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Kependudukan, Administrasi Dasa Wisma KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di kampung KB. Di Batu ada 7 kampung KB yang sudah dibentuk dan Taman Posyandu.
"Tujuan digelar lomba agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hidup sehat dan bersih. Sehingga mampu menekan angka kematian pada ibu bayi, anak, dan stunting," ujar Wibi kepada Malang Post, Sabtu (14/12) .

Baca juga : Pilah Sampah Jadi Tambahan Penghasilan Keluarga


Lebih lanjut, perlombaan yang digelar juga bertujuan agar memberikan pembinaan-pembinaan kepada kader PKK dari bawah. Sehingga kegiatan HKG PKK bukanlah kegiatan rutin seremoni saja.
"Kegiatan tahunan ini tak boleh seremoni saja. Tapu harus menimbulkan semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah PKK .Untuk tahun ini fokus gerak di kampung KB," beber istri Wawali Kota Batu ini.
Hasilnya, dari perlombaan yang digelar keluar sebagai Juara I Desa Beji, Juara II Kelurahan Pesanggrahan, dan Juara III Giripurno. Sedangkan untuk tingkat kecamatan Juara I diraih oleh Kecamatan Junrejo, Juara II Kecamatan Bumiaji, dan Juara III oleh Kecamatan Batu.
Ia berharap dengan adanya lomba HKG PPK mampu menggerakkan kader selaku mitra pemerintah dalam menjalankan program PKK maupun Pemkot Batu. Khususnya kader PKK mampu menjadi pelopor keberhasilan pembangunan di bidang pemberdayaan perempuan.
Wibi menambahkan, bagi pemenang Desa Beji nantinya akan mewakili Kota Batu dalam perlombaan HKG PKK tingkat Provinsi. "Karena itu saya meminta agar pemenang terus meningkatkan pengetahuannya agar peran yang dilakukan mampu maksimal," imbuhnya.
Selain perlombaan di bidang kesehatan, TP PKK Kota Batu juga menggelar pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Serta beragam rangkaian kegiatan, seperti Fashion Show PKK dengan baju batik khas Kota Batu dan lomba memasak kreasi makanan dengan produk lokal. (eri/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...