Malang Post - Pilkada Kabupaten Malang, Nama Calon Muncul Januari 2020

Jumat, 10 April 2020

  Mengikuti :


Pilkada Kabupaten Malang, Nama Calon Muncul Januari 2020

Senin, 16 Des 2019

MALANG - Pilkada 2020 Kabupaten Malang, masih terlihat adem ayem. Belum ada satupun partai politik (Parpol) yang sudah terbuka mengumumkan calonnya. Meskipun sebelumnya beberapa Parpol sudah membuka pendaftaran calon kepala daerah (Cakada). Parpol memperkirakan nama itu akan muncul pada pertengahan Januari.
Semua Parpol mengatakan masih menunggu instruksi dan keputusan dari DPP. Diperkirakan para Cakada akan diumumkan pada awal tahun 2020.
"Untuk siapa calon yang diusung Partai NasDem, kami masih menunggu instruksi dari DPP. Karena semua keputusan ada di tangan DPP. Sebab kami juga tidak tahu siapa yang mendaftar Cakada di DPW dan DPP," ungkap Ketua Pendaftaran dan Penjaringan DPD NasDem Kabupaten Malang, Amarta Faza.
Dikatakannya, bahwa berkas pendaftaran sudah lama diserahkan ke DPW. Kemudian dari DPW akan dilanjutkan ke DPP. "Perkiraan saya kemungkinan pada bulan Januari 2020, sudah ada instruksi," ujarnya.
Siapapun nanti yang mendapat rekom dari DPP, menurut Faza adalah yang terbaik dan memiliki kapasitas memimpin. Termasuk memiliki pengalaman yang cukup luas, dalam memimpin wilayah Kabupaten Malang yang memiliki 33 kecamatan.
"Kader Partai NasDem di daerah pastinya akan all out dalam memberikan dukungan. Saya yakin bahwa siapa yang ditunjuk oleh DPP, adalah yang terbaik dan mampu memimpin Kabupaten Malang," tegasnya.
Hal senada juga disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto. Ia mengatakan bahwa saat ini, masih menunggu petunjuk dan instruksi dari DPP PDI Perjuangan. Siapa calon yang ditunjuk, informasinya akan diumumkan pada bulan Januari 2020.
"Sampai sekarang masih belum ada instruksi. Kemungkinan siapa Cakada yang mendapat rekom dari DPP, akan diumumkan setelah ulang tahun PDI Perjuangan pada tanggal 10 Januari nanti," jelas Didik.
Ketua DPRD Kabupaten Malang ini menambahkan, siapapun calon yang ditunjuk oleh DPP adalah yang terbaik. Dan tentunya bisa memimpin dan menjadikan wilayah Kabupaten Malang lebih baik.
"Semua kader PDI Perjuangan pasti akan mendukung siapa calon yang ditunjuk. Seluruh kader mulai dari ranting hingga DPC, sudah berkomitmen untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Malang," tegasnya.
Begitu juga dengan Partai Golkar, dikatakan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo, bahwa calon yang akan diusung oleh Golkar masih menunggu instruksi dari DPP. Golkar pasti akan memberikan kejutan siapa Cakada yang ditunjuk untuk maju.
"Sekarang ini kami juga menunggu rekom dari DPP. Kemungkinan akhir Desember atau awal bulan Januari akan diumumkan siapa calon yang maju Pilkada dari Partai Golkar," ucap Kusmantoro Widodo.
Bahkan, lanjutnya, Golkar, sudah mulai gerilya mencari dukungan untuk menghadapi Pilkada 2020 nanti. Partai berlambang pohon beringin ini, bahkan sudah melakukan survei untuk memetakan kekuatan politik. Golkar memastikan akan maju dengan mengusung pasangan calon sendiri.
"Sekarang ini, teman-teman pengurus di internal Partai Golkar, sudah mulai melakukan survei. Ini untuk memetakan sekaligus mengetahui kekuatan politik di Kabupaten Malang," urainya.
Terpisah, Marhaendra Pramudya Mahardika, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM KPU Kabupaten Malang, mengatakan bahwa tahapan Pilkada masih menunggu jadwal penyerahan dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk perseorangan. Syarat dukungan tersebut diserahkan pada tanggal 19 - 26 Februari 2019.
"Untuk tahapan Pilkada sekarang ini, masih sebatas internal. Kami masih persiapan untuk menunggu tahapan penyerahan dukungan pada bulan Februari nanti," terang Marhaendra Pramudya Mahardika.
Dika sapaan akrabnya, mengatakan selain itu KPU Kabupaten Malang juga sedang menyiapkan untuk perekrutan anggota PPK. Rencananya tahapan pembentukan PPK baru dimulai tanggal 15 Januari, diawali dengan pengumuman kemudian dilanjut dengan pendaftaran dan seleksi.
"Tidak hanya itu, kami juga sedang merencanakan untuk pembuatan Maskot dan Jingle Lagu Pilkada. Nantinya pembuatan Maskot dan Jingle akan kami lombakan. Sekarang kami masih merinci syarat dan ketentuannya," paparnya.(agp/ary)

Editor : Bagus
Penulis : Agung

  Berita Lainnya





Loading...