Malang Post - Pertamina Peduli Cegah Virus Corona

Jumat, 03 April 2020

  Mengikuti :


Pertamina Peduli Cegah Virus Corona

Jumat, 27 Mar 2020

MALANG – Pertamina melalui Fuel Terminal Malang–Marketing Operation Region (MOR) V, membagikan 20 unit portable wastafel atau alat cuci tangan portable. Pembagian  portable wastafel ke beberapa titik di sekitar operasi Fuel Terminal Malang.
Selain membagi  portable wastafel Pertamina bekerja sama dengan Rumah Zakat melakukan penyemprotan di beberapa tempat ibadah yang ada di sekitar operasi Fuel Terminal Malang. Diantaranya di Masjid Subulussalam, Masjid Imam Bonjol, Hayyaalashsholah dan Gereja Pantekosta Tabernakel "Alfa Omega. Serta akan dilanjutkan di dua titik tempat ibadah lainnya.


Selain itu, juga dilakukan edukasi cara mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang baik dan benar untuk mencegah penularan virus Corona. Alat cuci tangan portabel ini dibuat dari bahan yang sederhana dan mudah didapatkan.
Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Fuel Terminal Manager Malang, Ahmad Zaeni, kepada warga di Ring I FT Malang. Lokasi yang ditempatkan alat cuci tangan portabel ini antara lain di permukiman warga sebelah Kantor FT Malang yang biasa digunakan berkumpul warga (Gazebo). Selain itu di pertokoan Alfamart di depan FT Malang dan tempat tambal ban mobil milik warga untuk tambal ban mobil tangki Pertamina.
“Apalagi sekarang ini hand sanitizer mulai sulit didapatkan di pasaran, jadi kami mengajak masyarakat kembali ke cara yang lebih mudah, namun justru lebih efektif yaitu mencuci tangan,” kata Ahmad Zaeni.


Alat cuci tangan tersebut dibuat dari drum dengan kapasitas +/- 60 liter, yang dipasang keran air untuk cuci tangan. Karena ukurannya yang ringkas tersebut, alat ini menjadi lebih mudah dipindahkan ke lokasi yang lebih membutuhkan.
“Selain itu, apabila airnya habis, masyarakat juga lebih mudah untuk mengisi ulang airnya,” tambah Zaeni.


Karena mudah dalam pembuatannya, Pertamina berharap masyarakat juga dapat mereplikasi alat cuci tangan portabel ini di wilayah masing-masing. Untuk penggunaannya, alat ini bisa dipasang di fasilitas umum seperti balai pertemuan, posyandu, taman bacaan, atau lokasi lainnya.
Pertamina berharap dengan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat dan bantuan kepada masyarakat sekitar area operasi Pertamina, dapat berkontribusi pada kesehatan masyarakat di sekitar area operasi Pertamina.
“Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan dari diri masing-masing, sebagai modal utama untuk memerangi COVID-19,” kata  Zaeni.


Sementara itu Ketua Takmir Masjid Imam Bonjol Muhammad Fakhruddin mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada Pertamina. Pasalnya, pihaknya sempat kebingunggan minta bantuan untuk penyemprotan disinfektan.
“Alhamdulillah, pihak Pertamina menghubungi kami dan membantu penyemprotan di masjid kami. Bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat kami,” kata Muhammad Fakhruddin kepada Malang Post.
Begitupula di Masjid Subulussalam juga sangat senang dengan bantuan penyemprotan ini. “Bantuan dari Pertamina sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami sangat senang dan berterima kasih,” kata Wakil Takmir Subulussalam Ust Hidayat Hadi kepada Malang Post. (jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Redaksi

  Berita Lainnya





Loading...