Personil Satpol PP Dituntut Tingkatkan Kinerja | Malang POST

Jumat, 28 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Personil Satpol PP Dituntut Tingkatkan Kinerja

Kamis, 05 Des 2019,

MALANG - Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang dituntut meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, saat membuka acara pembinaan teknis operasional Satpol PP di Aula Hotel Mirabel Kepanjen, Rabu (4/12).
"Satpol PP harus tampil terdepan dan melayani publik. Karena untuk menjawab tantangan global yang terus berubah, membutuhkan perubahan paradigma pelayanan publik, untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik," terang Sanusi.
Dalam sambutan, Sanusi mengingatkan bahwa Satpol PP juga harus terus bersinergi dengan instansi lain. Misalnya ketika terjadi bencana alam, Satpol PP harus terlibat membantu masyarakat terdampak bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
"Memasuki musim pancaroba ini, banyak bencana alam terjadi. Meskipun bukan tugas pokoknya, tetapi Satpol PP harus ikut bahu membahu. Satpol PP harus tampil ketika ada bencana," jelas Sanusi.
Jumlah personil Satpol PP Kabupaten Malang, saat ini sebanyak 200 personil. Dengan luas wilayah Kabupaten Malang sebanyak 33 kecamatan, diharapkan ada tambahan kekuatan.
Namun, Sanusi, mengatakan dengan jumlah personil yang ada, masih dirasa cukup. Karena tugas Satpol PP saat ini, dibantu oleh petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), yang ada di masing-masing desa dan kecamatan. "Untuk kebutuhan personil, saya kira masih cukup karena diback up oleh Linmas. Kekuatan yang ada saat ini, dirolling dulu untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan menyampaikan jika jumlah ideal personil antara 450 - 650 orang. Jumlah tersebut untuk mencakup wilayah Kabupaten Malang yang luas. "Dengan personil yang ada saat ini, memang masih bisa berjalan lancar. Tetapi juga masih banyak kendala, seperti SDM dan sarana prasarana yang minim. Harapannya nanti tiap tahun ada peningkatan personil," ungkap Nazarudin.
Dikatakan, dengan keterbatasan personil tersebut, pelayanan kepada masyarakat masih belum maksimal. Tetapi supaya bisa berjalan maksimal, Nazar, sapaan akrabnya akan mendatangkan koordinasi dengan petugas Linmas di masing-masing desa dan kecamatan.
Sementara terkait kegiatan Bimtek, Nazar mengharapkan personil Satpol PP mampu menjalankan tugasnya sesuai amanah. Utamanya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. "Diharapkan, setiap menjalankan tugasnya, teman-teman ini bisa disiplin dan tegas. Bagaimana mengutamakan keamanan dalam masyarakat," paparnya. (agp/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Agung

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...