Perbaiki Jalan Dengan Material Bekas | Malang Post

Senin, 27 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 16 Des 2019,

MALANG – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari  memiliki cara melakukan perbaikan jalan yang rusak. Salah satunya dengan memanfaatkan material bekas. Seperti yang terlihat di Jalan Dusun Tanjung. Jalan alternative yang menghubungan dua desa yaitu, Desa Banjararum dan Desa Dengkol ini dilapisi dengan material bekas.
Sekretaris Desa Banjararum, Sutrisno mengatakan material yang digunakan adalah material dari Jalan Singosari yang dibongkar. “Awalnya kami melihat ada material bekas, sayang kalau dibuang. Saat kami tawarkan kepada warga, mereka setuju, kalau material ini diletakkan disini, untuk melapisi jalan yang rusak,’’ katanya.
Menurut Sutrisno, kondisi jalan Dusun Tanjung memang memprihatinkan. Jalan milik desa ini kondisinya selain aspalnya banyak yang mengelupas, juga banyak lubang. Sehingga jalan inipun cukup rawan. Sementara warga sendiri banyak menggunakan jalan ini saat mereka beraktifitas.
“Tadinya kami mengusulkan pembangunan jalan dengan sumber anggaran dana desa. Namun demikian, karena mahalnya biaya, itu urung kami lakukan,’’ katanya.
Begitu juga saat mengusulkan perbaikan jalan tersebut melalui Dinas PU Bina Marga, Kabupaten Malang. Sampai dengan kemarin belum terealisasi. “Karena tidak kunjung dibenahi kondisinya semakin rusak. Apalagi sekarang musim hujan. Jadi sebelum dihotmix secara permanen, kami pilih sementara menambalnya dengan material bekas,’’ ungkap Sutrisno.
Dia juga yakin kendati menggunakan material bekas, tapi jalan tersebut layak dilewati. Itu karena pihaknya juga meratakan jalan dengan alat berat. “Total dari ujung ke ujung panjangnya 1 kilometer. Pengerjaan dilakukan secara manual. Dimana warga lebih dulu mengambil material, untuk kemudian dituang ke sini, dan diratakan. Ya  Alhamdulillah, sudah bisa dilewati. Baik motor maupun mobil,’’ tandasnya. (ira/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Ravika






WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...