Malang Post - Penilaian UTBK Hoax

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Penilaian UTBK Hoax

Kamis, 20 Feb 2020

MALANG - Belakangan ini, di beberapa media social mulai twitter, facebook hingga WhatsApp, beredar siaran pers tentang penilaian Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Dalam dokumen tersebut, tertera tulisan hasil UTBK 2020 akan dibagi ke beberapa kategori. Yakni sulit, sedang dan mudah.


Isi tulisan tersebut kurang lebih seperti ini. "Penilaian UTBK tahum 2020 ini akan dilakukan berdasarkan hasil jawaban seluruhnya. Nilai akhir akan memperhitungkan jumlah soal yang bisa dijawab pada kategori sulit, sedang dan mudah. Berbeda dari tahun sebelumnya, nilai hasil UTBK akan ditentukan dengan soal yang tidak dijawab diberi poin 0, jawaban salah akan dikenakan pengurangan poin sesuai dengan tingkat kesulitannya dan jawaban benar akan diberi tambahan poin sesuai dengan tingkat kesulitannya,"
Tentunya, kabar tersebut menimbulkan keresahan warga. Namun, setrlah ditelusuri, kabar tersebut tidak sepenuhnya benar alias hoax.
Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Anwar Effendi menjelaskan, informasi tersebut tidak benar alias hoax. "Itu tidak benar," tegas dia.


Dia menguraikan, selama ini, panitia tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut, apalagi dikemas dalam bentuk siaran pers. "Kami tidak pernah memberikan pernyataan resmi maupun membuat siaran pers terkait sistem penilaian tersebut," kata dia.
Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap kabar yang masih belum jelas kebenarannya. "Siaran Pers resmi panitia LTMPT hanya dipublikasikan melalui akun resmi kami di media sosial," papar dia.


Sehingga, ia meminta masyarakat untuk memastikan kebenaran kabar dulu. "Sehingga tidak menimbulkan keresahan. Juga jangan ikut menyebarkan," tandas dia.(tea/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Amanda Egatya

  Berita Lainnya





Loading...