Penerima PKH Bertambah 100 Keluarga, Bantuan Ditransfer | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 17 Jan 2020,

BATU - Jumlah  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020 bertambah. Kini tercatat sebanyak 3.261 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari tahun sebelumnya sebanyak 3.161.
Berdasarkan data KPM tercatat penambahan sebanyak 100 orang. Tahun lalu, 3.161 KPM tersebar  di berbagai wilayah Kota Batu. Mereka akan menerima pencairan bantuan sebanyak empat tahap dengan jumlah bantuan yang dialokasikan secara keseluruhan sekitar Rp 10 miliar.
Koordinator PKH Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu Ainur Trihana mengatakan, data penerima KPM berdasarkan pendataan kembali di tingkat desa dan kelurahan. Pendataan dilakukan teliti sesuai nama dan alamat penerima.
"Dari data yang masuk ke Dinsos yang didapat dari pemerintah desa hingga RT ada penambahan KPM tahun ini. Pendataan yang dilakukan secara teliti sesuai nama dan alamat agar kami bisa melihat ke lokasi tersebut apakah KPM benar-benar layak mendapat PKH atau tidak," jelas Ainur Trihana.
Ia menerangkan, KPM dari PKH nantinya akan menerima bantuan melalui sistem transfer di rekening masing-masing. Penerima pencairan terbagi menjadi beberapa komponen yang meliputi bantuan bagi SD, SMP, dan SMA. Kemudian bantuan kepada ibu hamil (bumil), usia dini, lansia, dan disabilitas.
"Untuk jumlah bantuan yang didapat masih sama seperti tahun sebelumnya. Yang membedakan hanya ada tambahan KPM," imbuhnya.
Ia merinci bantuan terbagi menjadi dua. Pertama yaitu bantuan tetap setiap keluarga per tahun yang dibagi dua, reguler Rp. 550.000 dan PKH Akses Rp. 1.000.000 per keluarga per tahun. Bantuan ini diberikan pada tahap pertama selama satu kali saja.
Sedangkan untuk yang kedua, bantuan komponen untuk setiap jiwa dalam keluarga dengan maksimal empat orang dalam satu keluarga. Meliputi PKH bagi ibu hamil Rp  2,4 juta, anak usia dini Rp 2,4 juta, siswa SD Rp 900 ribu,  SMP Rp 1,5 juta, SMA Rp 2 juta, disabilitas berat Rp 2,4 juta, dan lanjut usia Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan selama empat tahap.
"Dalam waktu dekat ini, kemungkinan Kamis (23/1) depan kami juga akan memberikan Kartu Keluarga Sejahrera (KKS) dan rekening untuk peserta perluasan. Kami berharap dengan adanya PKH dan perluasan KSS mampu mengentaskan kemiskinan di Kota Batu," pungkasnya. (eri/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Kerisdiyanto



Loading...