Pendidikan Usia Dini, Pondasi Pertumbuhan Anak di Masa Depan | Malang Post

Sabtu, 18 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 08 Des 2019

MALANG – Harus disadari pada era digital saat ini pendidikan anak di usia 0-6 tahun akan sangat berpengaruh baik pada jasmani maupun rohani. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pondasi bagi pertumbuhan anak kedepannya.
Demikian disampaikan Kepala Sekolah Khoridatul Bahiroh di sela kegiatan puncak HUT ke-9 PAUD Al Ummah, dengan tema “Mari Hidup Sehat dan Bersih” pada Minggu (8/12).
PAUD yang berada di Dusun Sumberejo Kalisongo No 16, Dau, Malang, ini memiliki keunikan tersendiri dalam merayakan hari lahirnya. Kegiatan diawali dengan senam bersama, tebar balon, dan melepas sembilan merpati, kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat. Acara ini juga memberikan hadiah doorprize yang menarik untuk peserta yang mengikutinya.
Di sela jalan sehat, anak-anak diajarkan cara hidup yang sehat, yakni dengan cara melakukan gerakan cuci tangan bersama. Berbagai aktivitas yang bertujuan supaya anak dapat menjaga kebersihan dari kotoran dan terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, Mahasiswa dari FKG Universitas Brawijaya (UB) Malang juga turut hadir dalam kegiatan ini, pihaknya memberikan edukasi dalam perawatan gigi kepada anak-anak.
Menariknya, PAUD Al Ummah memiliki cara sendiri dalam mendidik anak-anak supaya dari jangkauan gadget, yakni dengan cara bermain permainan zaman dulu seperti Egrang, congklak, dalkon, engklek, gobak sodor, dan main kelereng.
“Cara bermain ini mengajarkan anak supaya jauh dari permainan gadget. Tak hanya itu, ini juga mengingatkan masa orangtua wali murid bernostalgia mengenai permainan tersebut. Diharapkan dapat memberikan edukasi permainan terhadap anak-anak,” kata perempuan yang akrab disapa Bahir kepada Malang Post, kemarin.
Bahir menambahkan, dalam mendidik anak-anak kami bersinergi kepada orangtua wali murid serta lingkungan warga sekitar. Maka dari itu kegiatan ini melibatkan seluruh lingkungan masyarakat sekitar, serta rumah warga.
“Pendidikan itu tidak hanya kewajiban sekolah, namun lingkungan masyarakat juga mempunyai kewajiban dalam mendidik anak-anak. Sehingga harapannya kampung ini menjadi ramah terhadap anak-anak dari semua lini,” lanjutnya.
Senada dengan hal itu Kepala Desa Kalisongo juga turut hadir dan menyampaikan apresiasi terhadap PAUD Al Ummah dalam menggelar kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar.
“Semoga PAUD Al Ummah kedepannya semakin maju dan sukses, serta memberikan pendidikan berakhlak,” ungkap Siswanto.
Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut dihadiri Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK) yang bertujuan untuk memberikan dongeng kepada anak-anak, serta simulasi dan pengenalan GNPK kepada walimurid. Kegiatan itu didukung penuh oleh Indomaret dalam mendidik anak yang lebih baik. (mp4/sir/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Agiem






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...