Malang Post - Pendidikan Akidah Akhlak Bangun Kedisiplinan Santri

Rabu, 08 April 2020

  Mengikuti :


Pendidikan Akidah Akhlak Bangun Kedisiplinan Santri

Kamis, 27 Feb 2020

Tidak hanya pendidikan militer yang dapat membentuk pribadi menjadi disiplin. Pendidikan akidah akhlak juga dapat membangun kedisiplinan seseorang, termasuk para santri yang menempuh pendidikan di pesantren. Seperti yang disampaikan oleh Dr H Amhar Nasution MA dalam disertasi berjudul “Pendidikan Aqidah Akhlaq, Sarana Meujudkan Kedisiplinan Santri”.

 

Dosen di beberapa Perguruan Tinggi di Sumatera Utara seperti USU Dan UMSU ini menerangkan, pendidikan di pesantren berbeda dengan sekolah umum. Usaha penerapan disiplin pada pendidikan di pesantren tentu lebih besar, sebab tanpa disiplin para santri dapat merasa bosan hingga apatis dalam mengenyam pendidikan.

“Bentuk disiplin yang diterapkan para santri Pesantren Modern Nurul Hakim terdiri dari disiplin akidah, disiplin ibadah, disiplin akhlak dan disiplin sosial keseharian,” ujar Amhar seperti yang didapatkan dari hasil wawancara Kepala Pengasuh Pesantren Modern Nurul Hakim, pada 26 Maret 2019.

 

Bapak empat anak ini menguraikan, disiplin akidah ialah tetap berada pada konsep akidah Islam dengan menghindari hal-hal yang berkaitan dengan keyakinan Islam. Disiplin syariah, patuh menjalankan praktek ajaran Islam keseharian. Disiplin akhlak ialah dengan tetap menghormati dan memuliakan orang tua, Dewan Asatidz, orang yang lebih tua, teman sesama santri dan sebagainya.

“Sedangkan disiplin sosial keseharian meliputi disiplin masuk kelas, waktu ibadah, ekstrakurikuler, istirahat, makan, olahraga, mandi, masuk dan pulang pesantren, bertamu hingga berkomunikasi” sambungnya.

 

Penceramah di beberapa lembaga pemerintahan dan swasta seperti Kejaksaan Agung, Mabes Polri dan Asuransi Jasindo Jakarta ini melanjutkan, penelitian tersebut diharapkan bisa menjadi rujukan bagi pemerhati pendidikan, guru  maupun orangtua yang mendambakan generasi penerusnya menjadi golden generation.  (nda)

Editor : Noer Adinda Zaeni
Penulis : Redaksi

  Berita Lainnya





Loading...