Pastikan Stabilitas dan Pasokan Pangan Tercukupi | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 17 Des 2019,

MALANG – Salah satu pilar ketahanan pangan yang harus dikelola dengan baik adalah akses pangan. Masyarakat luas mampu mendapatkan pangan  dengan cara yang mudah dan dalam batas-batas kemampuan ekonominya.
Untuk menjangkau itu, Bidang Ketersediaan, Distribusi, dan Kerawanan Pangan Dispertan KP Kota Malang selalu memantau situasi harga pangan dan pasokannya secara berkala. Jika ada lonjakan harga yang terjadi dapat segera dikelola dengan baik. Pemantauan stabilitas harga dan pasokan selalu dilengkapi dengan analisa harga pangan.

   Baca juga : Kembangkan Mekanisasi Pertanian
“Tujuannya agar mengetahui profil harga bahan makanan dan menemukan gambaran atau pola pasokan pangan, sekaligus merekam kejadian lonjakan harga yang terjadi,” kata Kabid Ketersediaan, Distribusi, dan Kerawanan Pangan Dispertan KP Kota Malang, Ir. Lilis Pujiharti.
Selain melakukan pemantauan harga pangan, pihaknya juga melakukan promosi hasil produksi pertanian dan perkebunan untuk mendorong tumbuh kembangnya pertanian perkotaan menuju pasar global.Hanya saja, dalam memasarkan produknya selama ini masih sangat tergantung pedagang pengepul. Petani hanya menerima harga yang ditetapkan sepihak pedagang.
“Karena itu, kami memfasilitasi promosi produksi hasil pertanian dari kelompok tani atau Gapoktan untuk meningkatkan akses pasar petani kepada konsumen,” terangnya. (aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : mp






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...