Pasar Kreatif Perluas Pemasaran Produk | Malang POST

Sabtu, 22 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Pasar Kreatif Perluas Pemasaran Produk

Minggu, 10 Nov 2019,

MALANG - Para pelaku industri kreatif di Kota Malang merasa terwadahi dalam Festival Mbois 4 yang digelar tahun ini. Sebanyak 16 subsektor ekonomi kreatif ikut andil dalam ajang kolaborasi industri kreatif ini.
Pelaku ekraf Rotan Sintesis, Elviningrum, menjelaskan, dirinya merasa terbantu saat diwadahi untuk memasarkan produk hasil karya ia dan teman-teman komunitas rotan sintesis. Salah satunya dalam Festival Mbois, mereka diberikan tempat.
“Sangat terbantu. Walaupun mereka tidak membeli banyak ditempat. Akan tetapi pesanan order bisa datang,” tegas Elvi saat dimintai tanggapan di stan UMKM nya di Festival Mbois ke 4.

   Baca juga :

angun Sinergi Untuk Kemajuan Ekraf
Festival Mbois 4 Dongkrak Ekonomi Kreatif Dengan Konsep 3C
Manfaatkan Vlog untuk Promosi Usaha IKM

 

 

 

Menurut Elvi, rotan sintesis saat ini sedang booming dan diminati masyarakat di daerah-daerah lain. Sebagai pernak-pernik rumah dan penghias property. Karena harga lebih murah dapat dikreasikan dengan beragam warna dan harga terjangkau jika dibandingkan dengan rotan asli.  Dalam festival seperti ini, Elvi mengaku paling tidak menerima orderan dari 3 sampai 5 klien dalam satu hari.
“Yang dipesan pun beragam dari yang harganya rp 10 ribu seperti pot-pot bunga sampai yang bentuknya kayak rak harganya bisa sampai Rp 500 ribu,” tegasnya.
Ia yang tergabung dalam komunitas Rotan Sintetis ini berharap, Pemda mengadakan lebih banyak event seperti Festival Mbois secara rutin.
Sama dengan Elvi, salah satu pelaku ekraf lainnya, Donny Mardani juga merasakan hal yang sama. Ia yang membangun usaha biji kopi mengaku terbantu dengan adanya wadah pelaku UMKM melakukan pameran seperti Festival Mbois 2019 ini.
“Memang saya lagi merintis. Awalnya ya buat – buat saja usaha tapi kok susah memasarkannya. Dari medsos saja tenyata tidak cukup. Kapan hari sempat diajarkan bagaimana cara branding ternyata bermanfaat sekali ilmunya,” papar Donny.
Ia mengatakan, adanya kegiatan seperti Festival Mbois ini akan membuka lebih banyak kesempatan UMKM seperti dirinya, yang sedang merintis, untuk dikenal dan mengenal pasar yang ada.
Ia berharap Festival Mbois dapat diadakan rutin, lebih sering dan juga membuka kegiatan pembinaan dan pelatihan di berbagai bidang. Khususnya bidang marketing dan pemasaran. (ica/aim)

Editor : aim
Penulis : sisca

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...