Malang Post - Pasar Kawulo Singhasari, Desa Wisata Berbasis Seni Budaya

Selasa, 31 Maret 2020

  Mengikuti :


Pasar Kawulo Singhasari, Desa Wisata Berbasis Seni Budaya

Rabu, 27 Nov 2019

MALANG – Pasar Kawulo Singhasari menjadi destinasi wisata baru yang cocok bagi wisatawan yang mampir ke Malang, khususnya di Singosari. Terletak di Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Pasar Kawulo Singhasari lahir dari buah pemikiran Gaguk Priyono, Koordinator Pasar Kawulo Singhasari.
“Semua berawal dari ide saya untuk membuat sebuah desa wisata. Pada Maret 2019, semua dimulai. Saya bermimpi untuk membangun sebuah tempat wisata kuliner yang bisa menjadi jujugan di kawasan ini. Pada perjalanannya, saya pikir kurang kalau hanya kuliner,” ujar Gaguk kepada Malang Post.
Setelah berproses dalam ide dan gagasan, Gaguk akhirnya menganggap hal terpenting dari sebuah tempat wisata adalah kesan yang mendalam. Karena itu, dia mengusung konsep desa wisata berbasis seni budaya dengan sentuhan tradisional. Serta menostalgiakan gambarannya soal kerajaan di Malang yang pernah menaklukkan nusantara.
“Di sini ada peninggalan keraton Singosari. Dari studi dan informasi yang saya gali, nama aslinya dulu adalah Singhasari yang pernah menaklukkan nusantara. Jadilah, tempat ini dinamakan Pasar Kawulo Singhasari. Tagline-nya sendiri, yaitu Sasono Angleluri Budoyo,” ujar Gaguk.
Pria 56 tahun tersebut melanjutkan, tagline tersebut, lahir dari masukan salah satu anaknya yang bertemu dengan sesepuh sekaligus intelektual di kawasan Singosari. Setelah mengutarakan maksud tersebut, tagline ini lahir, dan melengkapi spirit budaya tradisional yang diusung oleh Pasar Kawulo Singhasari.

Baca juga :

Sajikan Suasana Pasar Kuno Kerajaan Singhasari

Punya Potensi Budaya Setara Yogyakarta dan Bali

HUT 1259 Kabupaten Malang, Kado 107 Prestasi dari SMPN 1 Singosari

Pada Sabtu, 8 Juni 2019, pasar dengan Instagram resmi @pasarkawulosinghasari tersebut diluncurkan. Grand opening dilakukan selama dua hari, Sabtu dan Minggu. “Setelah itu, tiap hari Minggu pagi, pukul 8 sampai siang, Pasar Kawulo Singhasari terbuka untuk masyarakat,” ujarnya.
Masyarakat Purwoasri, menyambut positif hadirnya Pasar Kawulo Singhasari. Tak terkecuali, pemerintah desa dan Kecamatan Singosari yang ikut mendorong Pasar Kawulo Singhasari sebagai destinasi wisata baru di Singosari. “Dukungan datang dari pemerintah Desa Purwoasri dan Kecamatan Singosari, serta support masyarakat Purwoasri,” terangnya.(fin/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Fino

  Berita Lainnya





Loading...