Musim Hujan, Harga Cabai Rawit Makin Pedas | Malang POST

Sabtu, 29 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Musim Hujan, Harga Cabai Rawit Makin Pedas

Kamis, 23 Jan 2020,

Musim hujan mempengaruhi harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Malang yang semakin melonjak harganya.

MALANG - Selama dua minggu terakhir, harga cabai rawit mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Jika harga normal di pasaran berkisar antara Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogram, kemarin, harga cabai mencapai Rp 80 ribu per kilogram.
Berdasarkan pantauan Malang Post, pekan lalu, harga komoditi cabai rawit berada di angka Rp 60 ribu per kilogram. Sementara pekan ini, berada di angka Rp 75 ribu per kilogram sampai Rp 80 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini terjadi lantaran keterbatasan jumlah pasokan yang diberikan kepada pedagang.
"Saat ini, di pasar tradisional harga cabai rawit di angka Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu per kilogram. Menurut pedagang  barangnya langka," ujar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto, Kamis (23/1).
Wahyu menguraikan, para tengkulak membatasi pasokan cabai rawit lantaran banyak petani yang gagal panen. "Karena faktor cuaca, banyak yang gagal panen. Cabai itu tidak bisa terlalu banyak terkena air," papar dia.
Namun, kenaikan harga cabai yang terus mengalami kenaikan itu belum bisa terprediksi sampai kapan. "Harga cabai setiap minggu terus naik, mudah-mudahan tidak terus melambung," kata dia.
Meski demikian, lanjut Wahyu, hal tersebut tidak memberikan pengaruh terhadap usaha kuliner. "Berdasarkan pantauan kami, para pengusaha tidak ada yang naikkan harga," papar dia.
Sementara itu, salah satu pengusaha kuliner, Eka Purnomo mengeluhkan harga cabai yang terus melambung. "Selama sepekan terakhir, saya beli cabai rawit di Pasar Induk Gadang sekitar Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram," kata dia.
Menurutnya, para pedagang membanderol harga yang berbeda untuk cabai rawit yang dibelinya. "Kalau harga Rp 80 ribu itu campur dengan cabai rawit hijau. Kalau yang Rp 90 ribu, itu yang merah semua," terangnya.
Namun, harga yang cukup melambung itu tak membuat kualitas cabai menurun. "Cabainya bagus-bagus, seger semua. Mudah-mudahan harganya nggak naik lagi," tandas dia.(tea/aim)
 

Editor : muhaimin
Penulis : amanda

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...