Malang Post - MPM Ajak Jurnalis Kampanye Safety Riding

Minggu, 29 Maret 2020

  Mengikuti :


MPM Ajak Jurnalis Kampanye Safety Riding

Rabu, 19 Feb 2020

MALANG - Keselamatan berkendara terus menerus dikampanyekan oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT. Sasarannya mulai usia dini sampai dengan usia sekolah, instansi pemerintah maupun swasta.
Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari ini, MPM mengadakan Pelatihan Safety Riding untuk jurnalis di MPM Safety Riding Course Sedati, Sidoarjo, Rabu (19/2).


Corporate Secretary Head MPM, Vinensia Kenanga, mengatakan, jurnalis memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan informasi seperti pengetahuan, hiburan hingga aspirasi kepada masyarakat. Melalui tulisan, jurnalis mampu menggerakkan hati dan pikiran masyarakat ke arah yang lebih baik.
"Harapan kami, para jurnalis pengguna sepeda motor setelah mengikuti pelatihan ini senantiasa cari aman di jalan, dan bisa sekaligus menyuarakan betapa pentingnya berkendara yang aman dan nyaman di jalan baik di publik, tempat kerja maupun keluarga," kata Vinensia.


Cari_Aman tidak hanya untuk diri sendiri melainkan untuk diri sendiri ,untuk itu perlu dilakukan berbagai persiapan seperti cek kendaraan, tekanan ban, rem dan lain sebagainya. Perlengkapan saat berkendara juha harus lengkap, seperti sepatu, jaket dan celana panjang, helm, dan sarung tangan yang berfungsi meminimalisir goresan apabila terjadi kecelakaan.


Safety Riding Coordinator Honda MPM, Hari Setiawan, mengatakan, dalam berkendara juga harus memiliki kompetensi mulai dari persiapan, skill dan knowledge, serta danger prediction. "Ada banyak penyebab terjadinya kecelakaan sehingga pengendara harus bisa memprediksi bahaya saat di jalan, mengenali lingkungan termasuk juga mengenali pengendara lain, kondisi jalan dan cuaca," terang Hari.


Para awak media tidak hanya mendapatkan teori keterampilan berkendara, tetapi juga mereka diajak praktek langsung. Praktek safety riding yang diberikan meliputi braking, narrow plank dan Slalom course.
Pertama, belasan jurnalis mempraktekkan Slalom course secara bergantian. Bagian ini terlebih dahulu pengendara harus check sekeliling dengan melihat ke belakang setelah dirasa aman barulah melaju sesuai garis lintasan.


Latihan kedua yakni braking, belasan jurnalis diberi pelatihan mengenai cara pengereman secara tepat. Terdapat beberapa tahapan mengerem kendaraan yakni mengurangi kecepatan lalu tarik tuas rem dengan cara meremas secara perlahan menggunakan empat jari.
"Fungsinya mengerem dengan empat jari yakni agar pengereman lebih optimal, antara rem depan dan belakang harus seimbang, selain itu pandangan harus kedepan agar bisa menganalisis apa yang didepannya," ujar salah satu Instruktur Safety Riding MPM Sedati.


Latihan terakhir, narrow plank. Para jurnalis ditantang untuk melintasi papan selebar 30 cm dengan durasi waktu selama mungkin. Menariknya sesi ini tiga jurnalis dengan waktu terlama mendapatkan hadiah berupa helm. (lin/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Linda Epariyani

  Berita Lainnya





Loading...