Mengelola stres ketika UAS | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 01 Des 2019,

Tidak terasa ya guys. Udah memasuki penghujung semester aja nih! Pastinya senang dong, karena liburan akan segera tiba. Eits tapi sebelum memasuki liburan, harus melewati ‘rintangan’ terakhir yang bisa dibilang sangat penting. Iyups semuanya harus melewati Ujian Akhir Semester (UAS) terlebih dahulu, baik untuk yang sedang kuliah maupun sekolah. Tentunya ketika menghadapi UAS perlu persiapan yang matang, dengan mengingat materi-materi dari awal semester hingga penghujung semester.  Namun niatnya bisa belajar dengan konsentrasi yang penuh, ada saja hal-hal yang mengganggu persiapan menghadapi UAS. Mulai dari tugas akademik yang menumpuk, kegiatan kepanitiaan yang super padat. Bikin sebel dan stres gak sih?
Akan tetapi, coba sharing dengan beberapa Genzier tentang cara-cara mengelola stres ketika hendak menghadapi UAS yuk! Seperti yang dilakukan oleh Alika Hana, Genzier asal SMAN 2 Malang ini mencoba untuk tetap rileks ketika menghadapi UAS. Dirinya selalu mencoba untuk menjaga suasana hati maupun pikiran tetap positif, dengan melakukan hal-hal yang positif. “Kalau dari aku sih, lebih sering mendengarkan lagu, melakukan hal hal positif seperti memasak, pergi ke tempat tempat yang membuat refresh sebelum UAS. Tak lupa juga memulai belajar dengan niat, dalam arti tidak mengeluh agar mengurangi stres gitu sih,” jelas gadis yang ingin berkuliah jurusan manajemen ini.
Meskipun ketika menghadapi UAS tidak boleh dibuat stress, akan tetapi harus tetap melakukan persiapan yang matang. Alika menambahkan perlunya untuk selalu perhatian dengan hal-hal yang detil terkait materi-materi sejak awal semester. Karena beberapa poin penting bakal dijadikan soal untuk UAS. “Waktu itu pas masih SMP, aku nggak pernah bawa tepak ke sekolah, nggak pernah mengerjakan PR, biasanya baru kerja di sekolah pagi-pagi hehe, dikelas ya nggak niat, malah ramai sendiri. Ketika pas dekat sama UAS, aku down banget, Soalnya nggak siap apa-apa, karena kebiasaanku yang tadi,” ungkapnya dengan nada menyesal.
Lain halnya dengan Alika, kali ini Genzier asal SMA Islam Malang, Erynda Ayu Wanda. Menagku lebih senang dengan menagtur pola istirahat yang memadai. Karena ia percaya, pola istirahat yang baik, bisa berpengaruh terhadap kondisi psikis yang dimiliki. “Dengan istirahat yang cukup, bisa membuat badan dan pikiran kita menjadi lebih fresh kembali. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup sangat  diperlukan. Jangan sering begadang dan juga jangan melakukan kegiatan yang kiranya akan menguras energimu secara berlebihan. Usahakan, seminggu sebelum ujian, sudah memiliki pola tidur yang benar,” terangnya saat diwawancarai oleh kru Genzi.
Ada juga nih, tips yang menarik dari  Ratih Isrotus Sya'bani, Genzier asal SMAN 1 Ngantang. Dirinya lebih memilih waktu untuk berkegiatan sendiri. Dengan menekuni hobi-hobi yang produktif untuk mengurangi stres. “Jagan terlalu dibawa serius, belajar secukupnya. Juga jangan terlalu dipaksa tapi tetap rutin dan jaga kesehatan, so relaxing aja! Biasanya baca novel sambil dengerin lagu dan kebetulan hobiku nulis puisi, jadi aku tuangin di teks puisi yang kubuat,” ujarnya.
Beragam cara yang yang dapat dilakukan untuk mengelola stres ketika menghadapi UAS loh guys! So tidak perlu lebay. Meskipun UAS sendiri menjadi pertaruhan lulus atau tidak suatu mata pelajaran. Akan tetapi, pola belajar yang terlalu masif, juga bisa berpengaruh yang negatif. Malah down atau parahnya bisa terkena penyakit. Jangan sampai lah ya, tetap semangat menempuh UAS, goodluck everyone!.

Editor : Redaksi
Penulis : Genzi






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...