Mendikbud Pangkas Pendidikan SD,SMP dan SMA | Malang Post

Senin, 27 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 26 Nov 2019,

Sejumlah akun Facebook mengunggah sebuah konten yang berisi gagasan ‘Ide Gila’ Mendikbud Nadiem Makarim yang disebut akan memangkas masa pembelajaran pada tingkat SD sampai dengan SMA. Seperti yang diunggah oleh akun Umar Taufik Dado.
“Gagasan Nadiem Makarim (Mendikbud) ingin memangkas jumlah tahun pendidikan SD, SMP, & SMA. Demi percepatan dan kualitas SDM Bangsa ini sesuai reformasi industri di era 4.0 ini,” kata akun tersebut.
Namun ketika Malang Post mencari unggahan konten tersebut tampaknya sudah dihapus oleh sang pemilik akun. Namun melalui tangkapan layar yang beredar, diketahui bahwa unggahan tersebut juga mencantumkan keterangan lanjutan terkait ide gagasan Nadiem Makarim.
“Untuk SD dari 6 th menjadi 4 th, SMP & SMA akan jadi 2 th. Agar menyesuaikan umur ketika melanjutkan kuliah sampai S1,S2,S3. Saya ingin Umur 18 th sudah selesai S3,” kata kutipan uanggahan tersebut.
Kemudian diketahui pada laman Facebook Indonesian Hoaxes melampirkan hasil penelusurannya, dan memastikan bahwa konten unggahan akun Umar Taufik Dado adalah Hoax. Dijelaskan bahwa Mendikbud Nadiem Makarim tidak pernah sekalipun melontarkan gagasan pemangkasan masa belajar tersebut.
Ternyata gagasan pemangkasan masa studi tersebut mencuat dari artikel opini yang ditulis oleh seorang bernama Johanis Malingkas pada sebuah portal online. Namun ternyata opini tersebut disalah artikan oleh akun Umar Taufik Dado.
Karena pada tulisan opininya, Johanis Malingkas justru tengah menyampaikan masukan kepada Mendikbud Nadiem Makarim terkait dengan pemangkasan masa studi tersebut. Jadi bukanlah Mendikbud Nadiem Makarim yang mencetuskan gagasan tersebut.
Unggahan tersebut telah menuai beragam komentar dari para netizen. Banyak yang menyayangkan tindakan penyebaran hoax yang dilakukan oleh akun tersebut. Namun ada pula yang memberikan pendapatnya terkait dengan gagasan ide gila yang sudah dipastikan sebagai hoax tersebut.(asa/lim)

Editor : Halim
Penulis : Inasa






WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...