Mencuat Wacana Bubarkan OJK | Malang POST

Sabtu, 29 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Mencuat Wacana Bubarkan OJK

Kamis, 23 Jan 2020,

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi sorotan, terutama setelah terjadinya praktik dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Publik mempertanyakan pengawasan OJK, sehingga kasus seperti ini dapat terjadi di perusahaan yang seharusnya diawasinya.
Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, saat ini, muncul desakan agar OJK dievaluasi. Sebab, kinerja OJK sekarang  dinilai tidak maksimal.
"Ya, jadi ada beberapa pendapat bahwa karena banyak perkara-perkara di bawah pengawasan OJK, itu ada wacana minta OJK semacam dibubarkan begitu. Tapi kita pikir, kalau semua diberikan kepada BI (Bank Indonesia), tentu ada juga beberapa hal yang bukan perbankan," kata Dasco.
Ia  mengatakan, kemarin akan ada rapat yang dilakukan secara tertutup oleh Komisi XI untuk melakukan evaluasi. Selain itu mencari tahu duduk perkara sebenarnya di balik kasus Jiwasraya. DPR ingin mengetahui secara detail, apa yang terjadi untuk bisa memutuskan nasib OJK ke depannya. Karena saat ini tuntutan membubarkan OJK sangat kencang.
"Hari ini ada rapat tertutup, suratnya saya yang tanda tangan, meminta kepada Komisi XI untuk melakukan evaluasi secara terbuka dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi,” katanya.
“Sehingga kami akan dapat masukan yang komprehensif untuk menjadi masukan, karena ini tuntutan menghentikan OJK itu juga sangat kencang. Dan, itu nanti aspirasi akan ke DPR lagi, sehingga kita bisa jawab," sambung Dasco.
OJK lanjut dia, merupakan mitra kerja dari Komisi XI DPR RI. Maka dari itu, Komisi XI menggelar rapat dengan OJK, untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi dalam pengawasan PT Asuransi Jiwasraya dan Asabri.
"Memang, secara berkala OJK sebagai mitra Komisi XI memang ada rapat rapat ya, memang diatur bidang pengawasan. Tetapi, karena ada perkara yang khusus, Komisi XI minta agar mereka mengadakan rapat khusus, untuk itu ia kita izinkan," ujarnya. (viv/van)  

Editor : Vandri Battu
Penulis : Viva

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...