Listrik Padam di Bencana Angin Kencang, Cepat Ditangani PLN | Malang POST

Sabtu, 29 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Listrik Padam di Bencana Angin Kencang, Cepat Ditangani PLN

Jumat, 14 Feb 2020,

MALANG – Angin kencang melanda wilayah  Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang Rabu (12/2) lalu. Sejumlah rumah pun rusak akibat tersapu angin kencang. Selain itu, angin kencang juga mengakibatkan gangguan aliran listrik di sebagai wilayah Malang Selatan.
“Iya, listrik padam, karena ada salah satu trafo terbakar,’’ kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Abdul Rohim.
Namun demikian, ganguan aliran listrik ini dikatakan Abdul Rochim tidak berlangsung lama. Pukul 15.30, seluruh aliran listrik diwilayah Malang Selatan yang semula mati kembali menyala.
“PLN langsung melakukan penanganan. Alhamdulillah, pemadaman tidak berlangsung lama. Pukul 15.30, aliran listrik yang semula mati sudah menyala kembali,’’ tambahnya.
Sementara untuk rumah yang rusak, ditambahkan Rohim jumlahnya mencapai 47 rumah. 4  rumah mengalami rusak sedang. Sedangkan 43 lainnya mengalami rusak ringan. Rumah rusak yaitu masing-masing 3 di Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, sedangkan satu ladi di Desa /Kecamatann Sumberpucung.
Sedangkan rusak ringan sesuai data disebutkan ada 43 rumah. Yakni 39 di Desa Jatiguwi dan empat sisanya di Desa/Kecamatan Sumberpucung.
“Angin kencang ini melanda tiga desa, di Kecamatan Sumberpucung. Yakni Desa Jatuguwi, Desa Sumberpucung dan Desa Ngebruk,’’ tambahnya.
Untuk Desa Ngebruk dijelaskan Rochim tidak ada rumah rusak. Melainkan terjadi macet, karena ada pohon tumbang.
“Kami dengan anggota Satlantas Polres Malang langsung berusaha melakukan pengaturan lalulintas. Ya meskipun sempat berjalan merayap, tapi kendaraan tetap bisa berjalan, meskipun sangat lambat,’’ ungkapnya.
Sementara kepada korban yang rumahnya mengalami kerusakan, oleh petugas langsung dilakukan pendataan. Selain itu, tim dari BPBD Kabupaten Malang, juga langsung menyalurkan bantuan.
“Tadi malam (Rabu) kami juga bekerjabakti dengan Muspika Sumberpucung dan para relawan untuk melakukan perbaikan. Alhamdulillah, hampir seluruh rumah kondisinya sudah diperbaiki,’’ tandasnya.
Angin kencang ini disebutkan Rochim terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Sumberpucung. Tiba-tiba angin berhembus sangat kencang.
“Hujan mulai pukul 11.30 WIB. 30 menit kemudian berhembus angina kencang, yang mengakibatkan bagian atas rumah mengalami kerusakan. Namun demikian, Rochim mengatakan tidak membuat posko bencana, mengingat kerusahan pada rumah dan fasilitas umum lainnya dapat diperbaiki.  
Sementara itu Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG), PLN, Nurwathony membenarkan adanya gangguan aliran listrilk di wilayah Malang Selatan Rabu (12/2) lalu. Gangguan itu terjadi di Gardu Induk Sengguruh, Gampingan, Karangkates dan sekitarsnya.  Gangguan ini pun langsung ditangani oleh Tim ULTG Malang dengan melakukan upaya pemulihan sistem aliran listrik.
“Begitu ada notifikasi listrik padam yang kami terima dari sistem, kami langsung meresponnya,’’ katanya.
Nurwathony juga mengatakan, listrik kembali menyala pukul 12.40.  “Padam mulai pukul 12.00. Kemudian menyala bertahap, pertama pukul 12.40. Sampai dengan pukul 15.30, semua aliran listrik menyala semuanya,’’ katanya.
Tapi demikian untuk mengantgisipasi peristiwa yang sama, pihaknya juga terus melakukan pemantauan.(ira/adv/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Ira Ravika

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...