Malang Post - Lembut Cita Rasa Asli Bangka

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Lembut Cita Rasa Asli Bangka

Selasa, 03 Des 2019

MALANG - Bermula dari keinginan membuat pempek sesuai selera suami yang asli orang Bangka, pemilik usaha Pempek Nuna ini berhasil membuat pempek berkualitas yang penjualannya sudah menjamah sejumlah Kota di Indonesia. Mengandalkan cita rasa pempek asli Bangka, saat ini Pempek Nuna menyediakan frozen pempek sampai dengan pempek 'ready to eat'.
"Saya bukan orang yang pintar masak, tapi suami kebiasaan makan pempek. Belajar terus dan akhirnya bisa sesuai sama selera suami. Di situ kemudian muncul ide kenapa tidak dijual saja," kata perempuan yang akrab disapa Nevie ini.
Awalnya, Nevie masih memasarkan pempeknya dalam bentuk frozen food melalui media sosial dan website yang dibuatnya. Karena pasarnya semakin besar, ia memutuskan untuk menjual pempek ready to eat yang dijual melalui outlet stand. Hingga saat ini, outlet Pempek Nuna sudah memiliki dua cabang di sejumlah kawasan.
“Kita awal bukanya tahun 2018 setelah hari raya, sampai sekarang kita tetap jualan online. Baik penjualan online dan offline cukup seimbang. Jadi keduanya sama-sam tinggi,” terangnya.
Keunggulan pertama dari Pempek Nuna ini adalah ukurannya yang lebih sesuai dibanding dengan ukuran Pempek pada umumnya. Inovasi tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman pribadi Nevie ketika mengolah pempek ukuran pada umumnya.
“Berdasar pada kendala ketika memasak pempek sebelumnya. Karena ukurannya yang cukup besar, pempek membutuhkan banyak minyak goreng agar matangnya merata. Kalau minyaknya sedikit, seringkali luarnya saja yang matang,” ungkapnya.
Dari kendala tersebut, Nevie kemudian membuat inovasi pempek ukuran yang lebih kecil, agar bisa digoreng dengan minyak yang lebih sedikit. Jadi bagi para pelanggan Pempek Nuna bisa menikmati Pempek Nuna tanpa harus membutuhkan banyak minyak.
Kemudian keunggulan lain adalah teksturnya yang lembut dan cocok dikonsumsi oleh segala usia. “Kebanyakan pelanggan kita pas coba pertama pasti komennya pempek kita lembut,” ujarnya.
Selain itu, cuko Pempek Nuna juga berbeda dengan cuko pempek di Kota Malang pada umumnya. Karena cuko Pempek Nuna tidak menggunakan cuko kimia. Cuko Pempek Nuna dibuat dari perpaduan asam jawa asli dan gula jawa. “Kebanyakan cuko itu bikin sakit perut karena banyak cuko kimia. Kalau cuko kita bahannya alami dari asam jawa dan gula jawa,”lanjutnya.
Pempek Nuna sendiri sampai saat ini memiliki lima varian rasa. Yakni Lenjer, Kapal Selam, Adaan, Kulit, dan Keju. Untuk penjualan frozen Pempek Nuna sendiri sudah menjamah sejumlah Kota di Indonesia. Mulai dari Sidoarjo, Tuban sampai Jakarta dan Tangerang.(asa/lim)

Editor : halim
Penulis : Inasa

  Berita Lainnya





Loading...