Malang Post - Lanjut Usia Mandiri Sejahtera dan Bermartabat

Jumat, 03 April 2020

  Mengikuti :


Lanjut Usia Mandiri Sejahtera dan Bermartabat

Senin, 17 Feb 2020

MALANG - Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kota Malang menggelar Musrenbang Lansia dengan tema “Lanjut Usia Mandiri Sejahtera dan Bermartabat” di Hotel Savana, Senin (17/2), kemarin. Musrenbang ini diikiuti sekitar 125 peserta yang meliputi DPRD Kota Malang, perangkat daerah terkait, TP PKK Kota Malang, jajaran instansi vertikal, perwakilan dari yayasan, organisasi masyarakat dan komunitas yang peduli terhadap lansia, forum komunikasi Karang Werda Kota Malang, dan lainnya.


Musrenbang Lansia ini dibuka langsung Wali Kota Malang H Sutiaji dan dihadiri pula Ketua Ketua Komda Lansia Kota Malang yang juga Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko.  
Materi yang akan disampaikan dalam Musrenbang Lansia ini adalah arah dan prioritas pembangunan yang melibatkan lansia di Kota Malang sesuai tujuan, sasaran, strategi, dan arah kebijakan pembangunan daerah Kota Malang.
“Tujuan kegiatan ini adalah memenuhi tahapan yang disyaratkan dalam peraturan perundang-undangan, mendorong partisipasi lansia dalam proses penyusunan dokomen perencana kegiatan pembangunan daerah tahun 2021. Mendapatkan masukan, saran dari segenap stakeholder penyelenggaraan pembangunan di Kota Malang terhadap usulan kegiatan yang melibatkan lansia Kota Malang. Serta merumuskan dan menyampaikan usulan kegiatan prioritas terhadap kesejahteraan lansia baik sasaran maupun pemangku kepentingan dalam penyusunan rencana kegiatan pembangunan daerah Kota Malang tahun 2021,” kata Kepala BAPPEDA Kota Malang Dwi Rahayu SH., M.Hum, dalam sambutannya.


Dwi Rahayu berharap agar peserta Musrenbang Lansia ini untuk mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir serta turut secara aktif menyampaikan ide-ide besar demi mewujudkan masyarakat Kota Malang yang bermartabat.
Peserta Musrenbang Lansia benar-benar aktif dalam mengikuti musyawarah ini. Bahkan dalam diskusi yang dibagi dalam beberapa kelompok, mereka memberikan usul maupun masukan. Diantaranya mengusulkan adanya taman lansia di masing-masing kelurahan. Selain itu ada juga yang mengusulkan digelarnya lomba senam lansia di tingkat kecamatan.


Sementara itu Ketua Komda Lansia Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan Musrenbang Lansia ini sangat penting karena menjadi alat untuk bisa menerima masukan dan merumuskan agenda-agenda program yang akan dicanangkan di dalam program di RKPD tahun 2021.


Di Musrenbang Lansia ini juga ada  program rantang kasih yang diberikan secara simbolis wali kota. Kegiatan ini merupakan program dari Pemkot Malang melalui Dinas Sosial P3AP2KB kepada Lansia miskin dengan syarat tertentu. Yakni usia lebih dari 60 tahun, sebatang kara dan lansia yang tidak potensial/tidak berdaya.(jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Redaksi

  Berita Lainnya





Loading...