KPU Lelang Surat Suara dan Kardus Bilik Suara | Malang Post

Kamis, 05 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 03 Des 2019, dibaca : 126 , Muhaimin, Inasa

MALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang melakukan pembongkaran dan pengosongan isi kotak suara Pemilu. Semua isi kotak suara dikeluarkan untuk dilakukan pemusnahan dengan cara dilelang kertasnya.
 “Ditimbang dulu (surat suaranya_red), ini baru tahap pengosongan isi kotak dikumpulkan surat suara per TPS,” kata Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas kepada Malang Post.
Dijelaskannya, setelah tahap pengosongan surat suara selesai, jumlahnya akan ditimbang dan dihitung. Kemudian didaftarkan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKLN). Setelah daftar, seluruh surat suara akan masuk daftar antrean untuk dilelang.
“Tapi kita masih menunggu surat izin penghapusan dari KPU RI yang dipakai untuk mendaftar lelang di KPKNL (antre_red),” terangnya.
Lebih lanjut, pemenang lelang akan diketahui setelah proses di KPKLN tersebut. Hasil pendapatan lelang akan masuk ke kas Negara, sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh KPU RI.
“Surat suara dihapus atau dimusnahkan dengan cara lelang. Jadi kembali kepada negara hasil lelangnya,” jelasnya.
Proses penghapusan melalui pelelangan tidak hanya dilakukan pada surat suara saja, namun juga berlaku untuk kotak dan bilik suara. Karena kotak dan bilik suara yang digunakan pada pemilu beberapa waktu lalu memang hanya digunkan untuk sekali pakai.
“Untuk kotak dan bilik itu memang barang sekali pakai, yang dihapus atau dimusnahkan dengan cara lelang juga,” tandas dia. (asa/aim)



Loading...