Malang Post - Kenalkan Teknologi, Dosen UM Dukung Potensi Daerah Trenggalek

Selasa, 07 April 2020

  Mengikuti :


Kenalkan Teknologi, Dosen UM Dukung Potensi Daerah Trenggalek

Senin, 16 Des 2019

MALANG - Tim pengabdian dosen Universitas Negeri Malang (UM) merancang teknologi penggorengan dan pengaduk otomatis bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Produk teknologi tersebut bernama Automatic Mixer Arm Ber-Solar Cell. Istimewanya lagi, produk tersebut sudah diaplikasikan kepada warga di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.
Tim pelaksana program pengabdian ini adalah dosen Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, UM yang terdiri dari
dosen muda prodi Pendidikan Teknik Otomotif Andika Bagus Nur Rahma Putra, M.Pd (ketua), dengan anggotanya yaitu Dr. Eddy Sutadji, M.Pd (juga sebagai Wakil Dekan II FT UM) dan Dr. M. Alfian Mizar, M.P. (juga sebagai kepala pusat HKI, Inkubasi Bisnis, Komersialisasi, dan  Afiliasi Industri)

Baca juga :

Eksis, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unmer Gelar Pameran Foto

Sosiologi UMM Latih Pemuda Kader Desa

Bentoel Group Bina Puluhan UMKM


 “Program hibah PTDM 2019 merupakan salah satu program desiminasi teknologi hasil penelitian bagi dosen yang sangat bagus dan mampu memberikan dampak peningkatan secara nyata terhadap mitra, khususnya untuk mengembangkan potensi unggulan daerah di Indonesia,” ujar n Ketua Pelaksana Andika Bagus Nur Rahma Putra, M.Pd.
Lebih jauh, dijelaskannya, Kecamatan di Kabupaten Trenggalek berpotensi besar dalam menelurkan produk unggulan daerah yaitu Kecamatan Gandusari dan Kecamatan Kampak. Karena itu, sesuai dengan kompetensinya, tim dosen Teknik Mesin FT UM melakukan desiminasi produk hasil riset berupa Teknologi Giant Mixer Arm Ber-Solar Cell. Teknologi tersebut yaitu Giant Mixer Arm ber-Solar Cell yang memiliki kemampuan melakukan proses penggorengan/pengadukan secara otomatis dengan skala besar mencapai puluhan kilogram. Produk teknologi tersebut juga dilengkapi dengan sumberdaya solar-cell.
Dalam kegiatan tersebut, tim dosen telah membuat empat mesin yang diberikan kepada empat mitra di Kabupaten Trenggalek. Juga dilakukan pendampingan kepada mitra tersebut, dengan total peserta sebanyak 52 orang.
“Teknologi Giant Mixer ini bisa dimanfaatkan untuk penggorengan pada skala cukup besar yaitu mencapai 100 liter. Pemanfaatannya bisa mengurangi penggunaan bahan bakar cair dan juga ramah lingkungan,” bebernya.
Dengan teknologi tersebut, lanjutnya, UKM bisa meningkatkan kapasitas produksinya hingga 80 persen. Selanjutnya diharapkan bisa meningkatkan ekonomi warga,” tegasnya.
Menurutnya, teknologi Giant Mixer Arm Ber-Solar Cell telah dipatenkan. Selanjutnya akan dikomersialkan sehingga membuka kesempatan untuk industri-industri menggunakan teknologi ini pada proses produksinya.
Andika menjelaskan, pengabdian dosen yang dilakukan ini dalam skema program Diseminasi Produk Teknologi ke Masyarakat 2019 (PTDM 2019). Sumber dana dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (PTDM), Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dan didukung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UM. (oci/adv)

Editor : Rosida
Penulis : mp

  Berita Lainnya





Loading...