Kembangkan Mekanisasi Pertanian | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 17 Des 2019,

MALANG - Upaya swasembada pangan dilakukan melalui program upaya khusus (upsus) dengan fokus tiga komoditas, yakni padi, jagung, dan kedelai (pajale). Hal itu dilakukan secara terpadu dengan sinergi antara pemerintah dan petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Kota Malang sebagai upaya ketahanan pangan nasional.
Sebagai solusi keterbatasan tenaga kerja pertanian dilakukan dengan mekanisasi pertanian, mulai dari pra pengolahan sampai pascapanen. Karena itu perlu dilakukan program pengadaan alat mesin potong padi, juga pelatihan bagi operator mesin pertanian dan lainnya.
“tahap pengolahan tanah dapat dilakukan dengan full mekanisasi, baik dengan traktor roda empat atau roda dua. Hanya saja untuk penanaman, petani masih belum familier dengan mesin transplanter baik untuk padi atau palawija. Sehingga dilakukan dengan manual,” kata Kabid Produksi Pertanian Dispertan dan KP Kota Malang Ir. Prandoyo Santoso.
Untuk panen tambahnya, petani masih banyak melakukan manual karena petani belum familier dengan mesin panen. Sedangkan untuk tahap perontokan, petani sudah menggunakan mesin perontok. (aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : mp



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...