Junrejo Prioritaskan Wisata Pertanian | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 14 Jan 2020,

BATU - Pemerintah Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu memprioritaskan pembangunan wisata pertanian buah pada tahun 2020 ini. Pembangunan tempat wisata berkonsep agrowisata ini ditargetkan selesai pertengahan tahun.
Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan menjelaskan, program prioritas tahun ini adalah wisata pertanian buah. Lokasi pembangunan tempat wisata di Dusun Jeding, Desa Junrejo.
"Wisata pertanian buah ini dijadikan pendapatan untuk warga maupun Pemerintah Desa. Ini jadi program prioritas desa yang akan menggunakan Tanah Kas Desa (TKD) di lahan bekas eks pasar Junrejo," ujar Faisal kepada Malang Post, Senin (13/1).
Ia menerangkan, wisata pertanian ini berkonsep agrowisata. Artinya wisatawan disuguhi pertanian lengkap dengan fasilitas seperti area transit, wisata kuliner, kamar mandi, hingga tempat ibadah.
Menurutnya, pembangunan wisata dengan konsep agro buah agar ada manfaat dan pemasukan secara berkelanjutan bagi pemerintah desa. Jika penjualan buah secara langsung sedang sepi, perekonomian masih terangkat dengan penjualan melalui wisata.
"Karena alasan itulah kami memilih konsep agrowisata. Sehingga ada hasil yang berkelanjutan dari program wisata pertanian ini," imbuhnya.
Faisal menambahkan, lahan wisata digarap seluas 2,7 hektar. Dana pembangunan dari APBDes tahun ini sekitar Rp 650 juta. Pengelolaan wisata  dilakukan Bumdes.
Selain itu, tahun ini Pemerintah Desa juga memprioritaskan pengembangan wisata edukasi di Dusun Rejoso dengan potenai kerajinan kayu. Pembangunan infrastruktur seperti jalan rusak di Dusun Jeding dan menata manajemen Bumdes agar lebih profesional juga dilakukan.
Perlu diketahui, ADD, DD, dan DBHCT yang diterima Pemerintah Desa Junrejo senilai Rp 5 miliar. Jumlah tersebut termasuk tambahan Silpa tahun 2019 sejumpah Rp 1 miliar. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...