Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Tambah Kereta | Malang POST

Kamis, 20 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 12 Des 2019,

MALANG - PT KAI menetapkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 selama 18 hari. Dimulai 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020. Secara keseluruhan, pada periode itu, KAI memprediksi kenaikan volume penumpang kereta api menjadi 5,9 juta orang atau naik empat persen. Sedangkan  dibanding tahun 2018 yaitu sebanyak 5,6 juta penumpang.
Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI untuk wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang masuk relasi Malang akan mengoperasikan 73 KA reguler dan lima  KA Nataru, atau 79 Perjalanan KA, naik tujuh  persen dibandingkan tahun 2018 sebanyak 69 KA.

Baca juga :

Ngopi Gaya Melenial Jepang di Roketto Coffe

Pastikan Harga Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru, Wali Kota Sutiaji Pantau Pasar

Untuk Akomodir Protes Pedagang dan Pembeli, Pasar Bunulrejo Dibenahi Lagi

 


Kepala Stasiun Kotabaru Malang Iful Siswanto menjelaskan jadwal pemberangkatan kereta api rute Malang – Jakarta dari dua kali sehari menjadi empat kali sehari. Rinciannya, KA Matarmaja  dua kali  dan KA Gajayana dua kali.  Jumlah ini bertambah dari jadwal biasa.
Dikatakannya belum lama ini, pada kondisi normal, KA rute Malang – Jakarta untuk Matarmaja yang dikhususkan bagi penumpang ekonomi dan Gajayana yang menyasar kelas eksekutif masing-masing berangkat sekali sehari.
“Penambahan jadwal kereta rute Malang – Jakarta berlaku mulai 19 Desember hingga 1 Januari 2020,” papar Iful.  
Ia menambahkan, kereta tambahan untuk KA Matarmaja akan berangkat dari Malang pada pukul 06.40 WIB. Sementara jadwal regulernya, berangkat pukul 13.25 WIB. Sedangkan KA   Gajayana tambahan akan diberangkatkan pukul 19.30 WIB.
“Kereta Gajayana reguler berangkat pukul 09.00 WIB. Namun baik Matarmaja maupun Gajayana reguler, tiketnya sudah terjual habis hingga 1 Januari 2020,” terangnya.
Sementara itu menjelang libur Nataru tahun ini pula tiket kereta api (KA) kelas ekonomi, yakni KA Matarmajam ludes terjual. Untuk kelas eksekutif dan bisnis, yakni KA Gajayana masih tersisa sekitar 50 persen.
Dijelaskannya untuk KA Matarmaja hingga tanggal 1 Januari, sudah terjual. Sementara, untuk yang eksekutif, sisanya sekitar 50 persen.
Meski demikian, para penumpang yang membutuhkan angkutan untuk liburan Nataru, masih bisa melakukan pemesanan. Sebab, pihaknya mengadakan kereta tambahan. "Nanti akan ada program untuk penambahan KA Matarmaja dan Gajayana," tandas Iful.
Penambahan jumlah kereta tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat yang kebanyakan menghabiskan jadwal liburan ke wilayah Jakarta maupun Bandung. (ica/van)

Editor : Vandri
Penulis : Sisca



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...