Malang Post - Jangan Ada Lagi Korban Tertimpa Pohon

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Jangan Ada Lagi Korban Tertimpa Pohon

Minggu, 16 Feb 2020

MALANG – Patahnya batang pohon di Jalan Panji Kepanjen yang mengakibatkan anggota Koramil Wonosari tewas pada Kamis (13/2) lalu, mendapat respon Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto. Ia meminta Dinas PU Bina Marga untuk tanggap dengan kejadian tersebut.
“Seharusnya Dinas PU Bina Marga segera mengevaluasi kejadian itu (pohon tumbang.Red). Jangan sampai ada korban lagi akibat pohon tumbang,” ungkap Didik Gatot Subroto.
Menurut Didik, Dinas PU Bina Marga bisa berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mendata keberadaan pohon yang ada di pinggir jalan raya. Terutama pohon yang kondisinya rapuh atau berpotensi tumbang, akibat terpaan angin ataupun tersangkut kendaraan besar.
Ketika sudah terdata, selanjutnya Dinas Bina Marga bisa langsung melakukan pemangkasan atau pemotongan. Sehingga tidak lagi membahayakan keselamatan pengguna jalan raya yang melintas.
“Saya melihat masih banyak pohon di Jalan Panji Kepanjen, yang kondisinya terlalu rindang dan memerlukan pemangkasan. Sebelum ada korban lagi, maka Dinas PU Bina Marga harus mengambil tindakan,” ujarnya.
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini menambahkan, pada musim hujan banyak pohon di pinggir jalan raya yang rawan tumbang. Terlebih ketika hujan deras disertai dengan angin kencang.
“Seperti kejadian beberapa waktu lalu di Talangagung Kepanjen, juga ada pohon tumbang ke jalan raya. Untungnya saat itu tidak sampai ada korban jiwa, seperti yang terjadi di Jalan Panji Kepanjen,” tuturnya.
Sekadar diketahui, Kamis (13/2) pagi menjadi hari nahas bagi Serda Mualim, 49, anggota Koramil Wonosari. Dia meregang nyawa setelah menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan Kepanjen, akibat luka serius di kepala. Luka itu dialami setelah dia tertimpa batang pohon saat hendak berangkat apel pengaturan jalan di Koramil Kepanjen.(agp/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Agung Priyo

  Berita Lainnya





Loading...