Malang Post - Inspektorat Verifikasi Dana BOS 1613 Sekolah

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Inspektorat Verifikasi Dana BOS 1613 Sekolah

Minggu, 16 Feb 2020

MALANG – Inspektorat Kabupaten Malang memverifikasi penggunaan dana biaya operasional sekolah (BOS), terhadap 1613 sekolah tingkat SD dan SMP. Verifikasi ini dilakukan selama lima hari mulai Senin (10/2) sampai Jumat (14/2) di salah satu hotel di Kota Malang.
Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti mengatakan, veririfikasi dilakukan untuk menyamakan neraca keuangan penggunaan dana BOS, antara pembukuan lembaga sekolah dengan neraca keuangan Pemerintah Kabupaten Malang. “Verifikasi dana BOS ini rutin kami lakukan, untuk menyamakan neraca keuangan,” ujar Tridiyah.
Verifikasi neraca keuangan yang dilakukan, adalah untuk dana BOS tahun 2019. Hasil verifikasi nantinya berupa opini yang kemudian disampaikan kepada Bupati Malang. “Laporan keuangan bendahara sekolah yang kami lakukan pengecekan. Petugas yang mengecek, langsung dilakukan oleh auditor,” tuturnya.
Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini menyampaikan, verifikasi yang dilakukan tidak bersifat audit dana BOS, tetapi lebih pada pencocokan. “Dana BOS ini kan langsung ditransfer ke sekolah. Dalam verifikasi ini, kita mencocokan neraca sekolah apakah ada kendala atau tidak" jelasnya.
Hasil verifikasi akan dikonsolidasikan dengan neraca Pemerintah Kabupaten Malang, untuk kemudian akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Sehingga saat ada perbedaan, langsung dilakukan perubahan catatan dan koreksi jurnal, termasuk kami dengan BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah)" urainya.
Lebih lanjut, Tridiyah mengatakan verifikasi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Malang mengantisipasi terjadinya pelanggaran dalam pengelolaan dana BOS. Setelah semuanya selesai, data verifikasi akan diserahkan ke Dinas Pendidikan.
Apakah menemukan ketidak cocokan laporan? Tridiyah mengaku ada beberapa. Namun ketidak-cocokan tersebut, langsung dilakukan perbaikan. “Karena sifatnya memang bukan pemeriksaan, tapi verifikasi maka langsung dilakukan pencocokan,’’ tandasnya.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika

  Berita Lainnya





Loading...