Hujan Deras, Delapan Rumah Tergenang | Malang POST

Selasa, 18 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 15 Jan 2020,

BATU - Hujan deras yang terjadi sore hari sekitar pukul 16.00 WIB Rabu (15/1)  mengakibatkan banjir setinggi mata kaki di sepanjang Jalan Semeru, Kelurahan Sisir, Kota Batu. Banjir yang terjadi sekitar 1 jam tersebut membuat air menggenangi jalan hingga rumah warga.
Salah satu warga Kelurahan Sisir, Pungka Ari menjelaskan, banjir terjadi karena adanya pembangunan bronjong di sepanjang sungai Sisir. Sehingga membuat air yang seharusnya tertampung sungai, meluap ke jalan.
"Kemungkinan, banjir terjadi karena adanya perbaikan atau pemasangan bronjong di sepanjang sungai Sisir. Saat hujan deras, air yang seharusnya tertampung malah meluap," ujar Ari kepada Malang Post, Rabu (15/1).
Ari menambahkan, perbaikan gorong-gorong juga dilakukan pada beberapa titik di Kelurahan Sisir. Hal itu secara tak langsung juga membuat air hujan yang turun tak bisa tertampung di gorong-gorong.
Sementara itu, Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirul Rochim menjelaskan, kejadian banjir diakibatkan jujan deras yang mengguyur Kota Batu. Sehingga mengakibatkan saluran air di depan Kantor Kelurahan Sisir meluap hingga ke jalan raya dan menggenangi beberapa rumah warga.
"Untuk sementara ini dari data yang kami kumpulkan ada delapan rumah terendam banjir dengan tinggi sekitar 20 sentimeter. Seluruh rumah berada di RW 8 dan 9 Kelurahan Sisir yang berada di tepat di samping Sungai Sisir," papar Rochim.
Dari hasil kaji cepat kejadian banjir tersebut, pihaknya merekomendasikan agar jembatan di sebelah Kantor Kelurahan Sisir untuk dibuka kemudian sedimentasi sungai diangkat.
"Kami juga meminta agar ada kerja bakti bagi seluruh warga untuk membersihkan gorong-gorong sebelah Pos Polisi Alun-Alun. Kemungkinan tersumbat sampah," pungkasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...