Hadapi Bencana, BPBD Siapkan Empat Pos Lapangan | Malang Post

Kamis, 05 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 03 Des 2019, dibaca : 72 , Parijon, Agung

MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, menyiapkan empat pos lapangan. Fungsinya untuk mempercepat penanganan ketika terjadi bencana. Pernyataan ini disampaikan Kepala BPBD, Bambang Istiawan, Selasa (3/12).
"Empat pos lapangan tersebut bagian upaya BPBD dalam menanggulangi bencana di Kabupaten Malang. Keberadaan pos lapangan ini, untuk mempercepat penanganan ketika ada kejadian bencana di suatu daerah," ungkap Bambang Istiawan.
Menurutnya, empat pos lapangan tersebut tersebar di empat kecamatan. Yakni, Kecamatan Ngantang, Tumpang, Gedangan serta Donomulyo. Setiap pos ada enam personil, dengan peralatan yang lengkap.
"Sehingga misalnya ketika ada kejadian pohon tumpang, teman-teman di pos lapangan yang terdekat bisa langsung menghandle. Tanpa harus menunggu petugas dari kantor BPBD di Kepanjen," ujarnya.
Dikatakannya, sekarang ini Malang Raya sedang masuk musim pancaroba. Perubahan musim kemarau ke musim hujan, biasanya berpotensi terjadi bencana alam. Selain pohon tumbang, juga rumah rusak dan roboh karena terpaan angin kencang.
Karenanya, untuk menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Malang, BPBD membentuk empat pos lapangan. Yakni di Malang Selatan, barat, timur serta utara.
Tidak hanya itu, Mantan Kasatpol PP Kabupaten Malang ini, mengatakan bahwa untuk mengantisipasi pohon tumbang, BPBD juga juga melakukan pemangkasan pohon yang sudah tua dan lapuk di pinggir jalan. Sehingga ketika ada angin kencang, tidak tumbang dan membahayakan pengguna jalan yang lewat.
"Dalam penanganan bencana di wilayah Kabupaten Malang, kamu selama ini juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait. Termasuk dengan relawan seperti dari PMI, Tagana atau lainnya," paparnya.(agp/jon)



Loading...