Giliran Pejabat Eselon II Dimutasi | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 15 Jan 2020,

BATU – Setelah pejabat eselon III dan IV menjalani mutasi awal Januari lalu, pejabat eslon II juga harus siap-siap mutasi. Mutasi para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kota Batu dilakukan paling lambat Februari nanti.
Kepala BKPSDM Kota Batu, Siswanto membenarkan adanya mutasi pejabat eselon II ini. Dia menerangkan, dalam minggu ini berangkat ke KASN untuk mendapatkan rekom mutasi bagi eselon II dan open bidding.
"Setelah melakukan mutasi 114 pejabat eselon III dan IV, kami segera melakukan mutasi eselon II dan disusul open bidding kepala OPD yang kosong," ujar Siswanto kepada Malang Post, Selasa (14/1) kemarin.
Ia menerangkan, mutasi maupun open bidding adalah hak penuh Wali Kota untuk menentukan posisi pejabat. Sedangkan open bidding akan dilakukan setelah mutasi sehingga diketahui Kepala OPD kosong untuk dilakukan open bidding.
Mantan Sekwan DPRD Kota Batu ini, mutasi dilakukan bukan tanpa asalan. Semua itu juga setiap dua tahun ada penilaian Wali Kota terhadap kinerja Kepala OPD.
Untuk tim penilai kinerja Kepala OPD, lanjut Siswanto, adalah tim penilai ASN. Mereka terdiri dari Sekda selaku ketua, Kepala BKPSDM sebagai sekretaris, dan inspektorat sebagai anggota.
Tujuan dari penilaian sebagai bahan pertimbangan kepala daerah melakukan rotasi pejabat yang sesuai dengan kemampuan. Semua itu juga untuk menyesuaikan kebutuhan organisasi.
Untuk mutasi eselon II, kata dia,  pejabat tidak harus mengikuti lelang terbuka, tapi cukup dengan assesment. Jika sebelumnya pejabat eselon II sudah memiliki sertifikat assesment maka tinggal mengikuti tes wawancara dan uji gagasan.
Sebaliknya, pejabat belum pernah mengikuti assesment, peserta harus mengikuti proses mulai awal. Perlu diketahui untuk sertifikat assesment hanya berlaku masimal tiga tahun. Jika lebih dari itu maka pejabat harus mengikuti proses lelang jabatan dari awal.   
Data BKPSDM Kota Batu, saat ini ada 26 pejabat eselon II. Pejabat eselon II di Kota Batu semakin sedikit karena tahun 2019 lalu dua pensiun. Sedangkan tahun 2020 dua lagi pensiun.

"Tahun lalu ada Pak Abu Sufyan dari Asisten I dan Pak Rudianto dari Inspektorat. Tahun ini dua lagi pejabat eselon dua pensiun, yakni Bu Endang Triningsih, Asisten II dan Pak Maulid Kepala Dispendukcapil," bebernya.
Pihaknya berharap mutasi disetujui KASN dan segera bisa dilaksanakan. Untuk kemudian, BKPSDM menggelar open bidding  untuk mengisi kursi Kepala OPD yang kosong. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...