Malang Post - Gencarkan Program Gemarikan

Selasa, 31 Maret 2020

  Mengikuti :


Gencarkan Program Gemarikan

Selasa, 17 Des 2019

MALANG – Mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional mempunyai arti strategis berkaitan dengan ketahanan sosial, stabilitas ekonomi, stabilitas politik, ketahanan nasional dan kemandirian bangsa. Salah satu pemuhan gizi melalui konsumsi ikan. Pola konsumsi masyarakat terhadap sumber pangan hewani secara umum masih perlu untuk terus ditingkatkan.
Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang absorbsi proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani lain seperti daging sapi dan ayam, sumbangan protein ikan terhadap total protein hewani mencapai 57.1 persen.
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang menggelar berbagai kegiatan selama 2019 antara lain, sosialisasi gemar ikan dengan kegiatan sosialisasi, lomba masak menu ikan, pameran jatim fish. Pelatihan UKM perikanan juga dilakukan, termasuk budidaya ikan nila. Juga ketersediaan bibit ikan yang sehat.
“Kami terus menggencarka berbagai macam program untuk meningkatkan minat masyarakat untuk makan ikan,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Malang, Atfiah El Zamzami.
Sampai tahun 2019 ini, program Gemarikan melibatkan anak-anak, mulai dari usia TK hingga SMP. Tak hanya itu, program tersebut juga menggandeng ibu-ibu PKK Kota Malang. Program tersebut memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang pengolahan ikan, mulai dari bagaimana memilih ikan yang segar, bagaimana mengolah ikan yang baik sehingga gizi ikan tetap terjaga dan juga mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan untuk tumbuh kembang anak.
“Dengan adanya swalayan ikan ini kami berharap masyarakat
Kota Malang tercukupi kebutuhan gizi keluarganya. Sehingga mampu menjadi SDM yang unggul sesuai dengan program dari pemerintah pusat,” tandas
Untuk keberhasilan yang telah dicapai antara lain, program swadaya budidaya ikan satu SD satu kolam, juga satu RW satu kolam, sekolah Gemarikan, pembuatan komik sebagai bahan sosialisasi Gemarikan, dan lainnya. Juga Swalayan Ikan sebagai pusat informasi perikanan dan terbentuknya mina bisnis swalayan ikan. (aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : mp

  Berita Lainnya





Loading...