Gandeng KPSP Setia Kawan, Arla Indofood Buka Program Pusat Pembesaran Pedet | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 16 Des 2019,

PASURUAN - Untuk kali pertama PT Arla Indofood melepas (menjual) sapi program Calf Rearing Center (Pusat Pembesaran Pedet) ke masyarakat, Senin (16/12). Pelepasan sapi itu dilakukan di kandang sapi milik Koperasi Peternak Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan di Kecamatan Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan.
Pelepasan sapi ini tidak hanya dihadiri warga yang membeli sapi. Tapi pelepasan perdana sapi tersebut juga dihadiri Managing Director PT Arla Indofood. Ciptadi Sukono, Fresh Milk Development and Services (FMDS) PT Indolakto, Bwana Surya, Kepala Bidang Kabid Kesmafet Dinas Peternakan Provinsi Jatim, drh Juliani Poliswari, serta Ketua KPSP Setia Kawan, H Kusnan.
Kepada Malang Post, Ciptadi mengatakan Calf Rearing Center (CRC) merupakan program pembesaran sapi bekerjasama dengan KPSP Setia Kawan dan PT Indolakto. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan peluang para peternak sapi mendapatkan sapi perah berkualitas.
"Jadi pembesaran disini maksudnya, kami membeli sapi anakan atau pedet berkualitas kepada peternak. Kemudian sapi-sapi itu dirawat disini menggunakan program Calf Rearing Center. Setelah besar dijual lagi kepada masyarakat," katanya.
Dia menyebutkan, sapi pedet yang dirawat umumnya berusia 4-5 bulan. Sapi-sapi itu akan dilepas saat usianya 15 bulan, atau dengan berat rata-rata 300-400 kilogram. "Melalui program ini, berat sapi rata-rata bertambah 0.6 kilogram perhari," tambahnya.
Dengan berat sapi tersebut, sapi siap diperah, dengan produksi susu berkualitas. "Fokus kami memang pembesaran atau rearing. Seluruh prosesnya kami perhatikan, mulai dari perawatan, kandang hingga pakannya. Sehingga sapi-sapi ini betul-betul sehat, dan memiliki produksi susu yang berkualitas," ungkapnya.
Dia mengatakan, dalam kerjasama itu, PT Arla Indofood tidak hanya mengeluarkan modal. Tapi juga membentuk tim khusus untuk memantau pertumbuhan sapi. "Kerja sama ini akan terus berkembang. Rencana ke depan disini akan menciptakan susu organik," tambahnya.
Ketua KPSP Setia Kawan, H Kusnan mengaku senang dengan kerja sama dibidang pembesaran sapi bersama PT Arla Indofood dan PT Indolakto. Dia berharap melalui kerja sama ini, ke depan sapi perah yang dimiliki peternak memiliki kualitas dan kuantitas susu yang baik. Dengan kualitas serta kuantitas susu yang baik, maka akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan para peternak sapi perah.
Dia menjelaskan sampai dengan saat ini, KPSP Setia Kawan memiliki anggota 6044 dengan jumlah sapi total 21.500. " 21.500 itu semuanya. Untuk induknya ada 11 ribu. Dari jumlah tersebut menghasilkan produksi susu perhari 115000 liter," katanya.
Dari total jumlah produksi susu tersebut, 95 persen dikirim ke PT Indolakto. ‘’Lima persen sisanya kami kelola sendiri. Saat ini selain kami menjual susu murni, juga mengelola susu dengan berbagai rasa. Ke depan kami juga akan mengembangkan usaha ini, agar terus berkembang,’’ ungkapnya.
Ucapan yang sama disampaikan General Manager (GM) Fresh Milk Development and Services (FMDS) PT Indolakto  Bwana Surya. Menurutnya, program pembesaran sapi itu luar biasa. Melalui program tersebut, sapi memiliki kualitas hidup yang baik. Dampaknya, produksi susu pun meningkat dengan kualitas yang oke. "Karena disini sapi betul-betul diperhatikan. Mulai dari kebutuhan pakan, gizi, kandang dan lainnya. Sehingga sapi akan tumbuh dengan baik," ungkapnya.
PT Indolakto bekerjasama dengan KPSP Setia Kawan sejak lima tahun terakhir. Selama ini selalu ada peningkatan, baik produksi maupun kualitas susu. "Tahun 2014 lalu produksi susu hanya 67000 liter per hari. Sekarang produksi susu mencapai 115000 liter perhari, dengan kualitas yang bagus," ungkapnya. (ira)

Editor : Mahmudi
Penulis : Ravika






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...