Malang Post - Eksis, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unmer Gelar Pameran Foto

Minggu, 29 Maret 2020

  Mengikuti :


Eksis, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unmer Gelar Pameran Foto

Senin, 16 Des 2019

MALANG - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Merdeka (Unmer) Malang menyelenggarakan pameran fotografi Komtemporer Invasion 2019. Acara ini berlangsung selama tiga hari 13-15 Desember di tempat Balai Merdeka Unmer Malang.
Ketua Pelaksana Utomo Harsono menjelaskan, Komtemporer Invasion merupakan agenda rutin tiap tahun yang digelar mahasiswa Ilmu Komunikasi, terutama bagi semester III pada mata kuliah fotografi. Selain itu, juga sebagai wadah bagi para mahasiwa agar karyanya dapat dinikmati.
 “Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengajak dan memamerkan sebuah karya visualisasi yang berupa foto dan sekaligus sebagai ajang eksistensi Prodi Ilmu Komunikasi,” jelas Utomo Harsono kepada Malang Post.
Dikatakannya, pameran fotografi yang diadakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi semester III ini mengangkat tema “Sakben Isuk (Sebuah protret cerita di pagi hari).”
“Tema ini berkonsep pada aktivitas umum suasana di pagi hari, yang kemudian dapat dikemas dengan kreativitas menggunakan teknik membidik foto sehingga menghasilkan karya yang luar biasa,” lanjutnya.
Menariknya, KIV pada tahun ini lebih berbeda dari tahun sebelumnya, serta punya daya tarik tersendiri.
“KIV pada tahun ini memiliki perbedaan, seperti yang kita lihat pada lorong masuk instalasi terdapat filosofi dari karya foto tersebut yang mengandung makna mendalam. Tak hanya itu pada dinding-dinding juga dihiasi sebuah karya seni gravity. Bahkan ada vitur QR Code dalam katalog di acara tersebut,” tambahnya.
Selain pameran foto, acara ini juga diramaikan hiburan berupa kreativitas mahasiswa diantaranya performing art, teater, serta musikalisasi.
Sementara itu, pameran ini dibuka langsung oleh Dekan FISIP Dr. Sukardi, M.Si. Dalam sambutannya, ia berharap agar kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat terutama bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mengikuti mata kuliah fotografi.
“Fotografi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari komunikasi. Sehingga, pameran foto ini sangat penting dalam menunjang prodi Komunikasi terutama dalam bidang fotografi. Kita juga tahu, karya fotografi menggambarkan sesuatu hingga menimbulkan daya tarik. Kami berharap mudah-mudahan pameran ini dapat mendatangkan manfaat terutama bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah fotografi,” ucapnya.
Sementara Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unmer Malang Dr. Saudah, S.Sos., M.Si turut menyampaikan apresiasinya. Menurutnya pameran fotografi ini menjadi salah satu program pengembangan prodi Ilmu Komunikasi dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa.
“Kegiatan ini sangat positif, karena mahasiswa dapat belajar untuk menjalin relasi dengan pihak eksternal. Sehingga hal ini menjadi modal dasar untuk membangun kepercayaan diri, bahwa mereka mempunyai potensi dan keahlian besar dalam bersanding dengan universitas yang lain,” kata Sasa, sapaan akrabnya.
Lebih lanjut, salah satu pengunjung berpendapat bahwa pameran tersebut bermanfaat untuk memperkenalkan dunia fotografi.
“Pameran ini sangat mengedukasi dan memberikan saya ilmu pengetahuan tentang fotografi. Saya melihat tiap foto-foto mengandung makna tersendiri, seakan dalam foto itu menyampaikan pesan mendalam,” ungkap Reza, salah satu siswa SMKN 4 Malang. (mp4 /sir/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Agiem

  Berita Lainnya





Loading...